POPULAR STORIES

Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Musim Hujan

Memilih Ban Motor yang Tepat untuk Musim Hujan Mengendarai motor aat musim hujan harus didukung ban Wet and Dry (Foto: MP Dicky Prasetya)

KabarOto.com - Hujan mulai mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat kita akan menjalankan aktivitas menggunakan sepeda motor. Karena kondisi jalan di Indonesia masih relatif belum merata.

Aspal yang berlubang atau jalan cor beton serta bebatuan masih menghiasi jalan di kota besar Indonesia. Ban, menjadi penopang dan faktor yang sangat berperan penting saat mengendarai sepeda motor di musim hujan.

Baca juga: Ban Mizzle M20 Dan M22 Sudah Diuji 32.000 Km, Ini Hasilnya

Kondisi ban harus selalu terjaga, tidak boleh gundul atau botak. Bahkan saat menggntinya, ban harus disesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Salah memilih ban, atau tidak memperhatikan kondisi ban, tentunya berbahaya dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Freddy Yohannes, Head of Promotion PT Banteng Pratama Rubber memberikan tips cara memilih ban yang sesuai untuk musim hujan.

1. Ban dengan kembangan yang punya alur buang atau jalur buang air yg baik. Air yang ada di ban harus dibuang, jangan diendapkan, karena akan membuat licin tapak ban. Jika tidak diperhatikan, pengendara motor bisa terpeleset.

2. Hindari menggunakan ban semi slick. Ban jenis ini biasanya memiliki alur kembang pada tapak ban yang sedikit, biasanya digunakan untuk balap motor baik itu drag race atau road race. Tidak cocok dipakai untuk harian.

3. Ban dengan kembangan yang searah. Desain kembangan searah untuk memberikan performa dan stabilitas yang optimal. Buangan air berada ke depan atau ke samping, sehingga tidak membuat licin.

4. Tekanan angin harus pas terutama jangan terlalu keras. Karena jika terlalu keras motor akan tergelincir. Angin pada ban yang direkomendasikan untuk depan 29 – 30 psi, ban belakang tekanannya 31 – 33 psi,

5. Hindari menggunakan ban yang berukuran lebih kecil dari ukuran standar. Menggunakan ban tersebut sebenarnya berbahaya, bukan saat musim hujan saja, melainkan di musim kemarau saat kondisi jalan kering. Ban tersebut tidak sesuai dengan yang ditentukan pabrikan, bisa mengakibatkan kecelakaan.

Baca juga: Mizzle M20 Dan M22, Ban Tubeles Untuk Matik Pelek 14 Inci

6. Jaga kecepatan. Saat melintasi jalur basah atau hujan, usahakan kecepatan dijaga senormal mungkin. Jangan terlalu kencang, karena bisa mudah tergelincir.