Memperingati Hari Bumi, Ini 3 Mobil Pilihan Irit Bahan Bakar

Memperingati Hari Bumi, Ini 3 Mobil Pilihan Irit Bahan Bakar

KabarOto.com - Wah, tepat pada hari Senin (22/04) seluruh masyarakat Indonesia menyambut peringatan Hari Bumi. Biasanya peringatan ini identik dengan berbagai kegiatan untuk menjaga lingkungan dari segala sesuatu yang mengancam. Misalnya mengolah sampah, membersihkan laut, dan sebagainya.

Ternyata industri otomotif juga tidak tinggal diam dengan kegiatan ini loh. Misalnya saja, pada hari ini (22/04) Toyota meluncurkan CH-R dengan mesin hybrid tepat pada peringatan Hari Bumi. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa industri otomotif juga menyambut dengan tangan terbuka dengan peringatan ini.

Baca Juga: Pekan Depan, Toyota Akan Luncurkan C-HR Hybrid Untuk Pasar Indonesia

Jika tidak memiliki mobil hybrid, cara lain untuk mencintai Bumi adalah dengan menggunakan mobil hemat BBM untuk kegiatan sehari-hari. Nah, ada 5 rekomendasi mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc yang bisa jadi pilihan, berikut ulasannya.

1. Honda Brio Satya

Mobil keluaran Honda ini sudah meramaikan pasar otomotif sejak lama. Tapi yang terbaru adalah Honda Brio Satya. Dilihat dari ekstriornya, mobil ini tidak jauh berbeda dengan Honda Brio sebelumnya. Perbedaan sangat terlihat dari logo yang bertengger di pintu belakang, tidak menggunakan logo huruf H.

Bagian interiornya pun tidak berbeda sama sekali, masih dengan kapasitas 5-penumpang di dalamnya. Mobil ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1200 cc dengan tenaga 89 dk pada torsi 110 Nm, yang disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Nah, dengan tenaga tersebut mobil ini akan membakar bahan bakar sebesar 14,2 kpl. Sedangkan di jalan tol memakan bahan bakar sebanyak 22,5 kpl. Brio Satya memiliki kapasitas tangki sebesar 35 liter. Brio Satya juga memiliki varian transmisi otomatis loh.

2. Nissan March

Tidak berbeda jauh dengan Brio Satya, March keluaran dari Nissan ini memiliki bentuk yang imut. Dengan ukuran yang kecil tentunya membawa mobil ini menjadi lincah untuk menerjang lalu lintas. Dari eksteriornya terlihat bahwa Nissan March memiliki bentuk yang lebih gemuk, dengan beberapa bagian berbentuk cembung.

Nissan March memiliki ukuran yang hampir sama dengan Honda Brio, namun mobil ini terhitung lebih tinggi 40 mm. Sedangkan panjang serta lebarnya lebih kecil March.

Sama seperti Brio Satya, Nissan March memiliki kapasitas mesin sebesar 1200 cc. Bedanya March memuntahkan tenaga sebesar 75 dk dengan torsi maksimal 104 Nm. Mobil ini mengonsumsi bahan bakar sebanyak 22 kpl. March juga memiliki varian transmisi otomatis loh.

3. Honda Mobilio

Nah, kali ini masuk pada jenis mobil MPV nih Sob. Jika sebelumnya memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang saja, Honda Mobilio bisa diisi hingga 6-penumpang. Mobil ini juga terhitung memiliki kabin yang lega, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Pertamina Edukasi Dan Dekatkan Diri Ke Komunitas Honda Mobilio

Jika dilihat dari dimensi, mobil ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan kedua mobil sebelumnya. Nah, untuk mesin Mobilio memiliki kapasitas mesin sebesar 1500 cc dengan tenaga 116 dk dan torsi maksimal 145 Nm.

Foto: Deni

Kapasitas tangki Mobilio juga lebih besar dengan maksimal 42 liter. Mobil ini akan mengonsumsi bahan bakar sebanyak 14,2 kpl untuk dalam kota. Sedangkan di jalan tol Mobilio akan mengonsumsi lebih banyak, kisaran 22,5 kpl.

Nah, mobil-mobil tersebut bisa menjadi pilihan kamu nih. Makin irit bahan bakar tentu akan melindungi bumi. Karena tidak disangka, perubahan iklim yang terjadi salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar yang berlebihan.