POPULAR STORIES

Menang Di Meksiko, Max Verstappen Jaga Keunggulan Klasemen Sementara Pembalap F1

Menang di Meksiko, Max Verstappen Jaga Keunggulan Klasemen Sementara Pembalap F1

KabarOto.com - Balapan Formula 1 yang berlangsung di Meksiko pada hari Minggu kemarin (07/11), dimulai dari garis start yang cukup menantang. Pasalnya, start awal Max Verstappen dan Sergio ‘Checo’ Perez (Red Bull Racing) sempat tertahan dua pembalap Mercedes-AMG Petronas, namun hal tersebut tidak menjadi kendala bagi kedua pembalap untuk bisa naik podium 1 dan podium 3.

Kegembiraan posisi terdepan start Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) berumur pendek, ketika Verstappen menyapu bagian luar duet pembalap Mercedes-AMG Petronas ke tikungan pertama pada lap pembukaan. Bottas kemudian disusul Daniel Ricciardo (McLaren) di tikungan 2 untuk membuat Verstappen memimpin atas Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Kecepatan Verstappen dengan ban medium, Perez masuk pit untuk mengganti kompon keras baru di lap 41, sembilan detik di belakang Hamilton, dan mulai memperpendek jarak dengan pembalap Inggris itu hanya dalam satu detik di lap 60 dari 71. Sorakan besar meletus ketika orang banyak melihat seberapa dekat Perez dengan Hamilton di lap terakhir.

Baca juga: Cetak Waktu Tercepat, Valtteri Bottas Raih Pole Position di Meksiko

Strategi pit stop menjaga jarak Verstappen di depan saat balapan

Verstappen dan Perez mampu menjaga momentum tiga kali berturut-turut mempertahankan podium ganda seperti pada F1 Amerika Serikat dua pekan lalu dan F1 Turki sebelumnya, Verstappen dan Perez konsisten membuktikan keunggulan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing Honda.

Berbicara tentang Perez memiliki kepulangan yang menyenangkan, pembalap Meksiko itu adalah favorit penggemar di saat-saat terbaik, menjaga Verstappen di posisi depan. Ia memiliki mobil yang kompetitif seperti yang digunakan Verstappen.

Kemenangan yang diraih Verstappen memberi tambahan 25 poin sebagai hasil kemenangan, pembalap Belanda itu kini kian unggul di puncak klasemen juara dunia F1 2021 dengan 312,5 poin, sementara Hamilton di posisi dua dengan 293,5 poin, dan podium yang diraih Checo memberi tambahan 15 poin dan kini ia berada di posisi empat kumpulkan total 165 poin.

“Konsistensi ini menjadi kebanggaan kami bahwa kemenangan ini semakin membuat Max unggul di klasemen sementara Juara Dunia 2021, dan prestasi ini membuat para konsumen kami di Indonesia bangga dan semakin yakin menggunakan dan membuktikan keunggulan pelumas Mobil," ujar Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Baca juga: Hasil F1 Meksiko 2021, Red Bull Racing Double Podium Lagi

Perez naik podium di Meksiko menjadi kebanggaan, pembalap tuan rumah itu banyak memberikan peran penting bagi Red Bull Racing. Ia memberikan pelengkap kemenangan bagi tim Red Bull Racing, apalagi di Meksiko ini menjadi sangat penting mengingat menjadi tiket perburuan juara dunia F1 bagi Verstappen.

"Menginjak podium di tempat sendiri merupakan hasil spesial. Sebenarnya saya ingin lebih dari sekadar finis posisi 3, setidaknya finis 1-2 untuk tim, sangat dekat tapi tak ada kesempatan lagi," sebut Perez.

Podium ganda Red Bull Racing di Meksiko, akan coba diulang di Brazil

Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia juga menyampaikan apresiasinya, mengucapkan selamat atas podium yang diraih Verstappen dan Perez. Rommy berharap kemenangan ini bisa berlanjut di Brazil, ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membuktikan keunggulan pelumas mesin Mobil1 dan Mobil pada kendaraan Anda, produk-produk tersebut tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super.

Pada 2021 ini, pelumas Mobil 1 telah hadirkan 3 varian baru yakni Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Masing-masing memiliki keunggulan, Mobil Super All in One Protection berteknologi full synthetic yang dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecules, Mobil Super Friction Fighter dengan lapisan Friction Fighter Molecules dapat melindungi mesin dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules memberikan perlindungan ekstra agar mesin awet untuk jangka panjang.

Baca juga: Daftar Juara Dunia Formula 1 Dari 1950 Hingga 2020

Kembali ke F1, kemenangan di Meksiko ini menjadi kemenangan yang sama Honda seperti pada 1965 yang dipersembahkan Richie Ginther yang merupakan pembalap asal Amerika Serikat.

Saat ini Red Bull Racing hanya satu poin di belakang Mercedes-AMG Petronas, sementara Max Verstappen unggul 19 poin dari Lewis Hamilton. Balapan F1 berikutnya adalah di Brasil berlangsung pada 12-14 November mendatang.

Klasemen sementara pembalap F1 2021

Posisi

Pembalap

Asal

Tim F1

Poin

1

Max Verstappen

Belanda

Red Bull Racing - Honda

312,5

2

Lewis Hamilton

Inggris

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

293,5

3

Valtteri Bottas

Finlandia

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

185

4

Sergio Perez

Meksiko

Red Bull Racing - Honda

165

5

Lando Noris

Inggris

McLaren - Mercedes

150

6

Charles Leclrec

Monako

Scuderia Ferrari

138

7

Carlos Sainz Jr

Spanyol

Scuderia Ferrari

130,5

8

Daniel Ricciardo

Australia

McLaren - Mercedes

105

9

Pierre Gasly

Prancis

AlphaTauri - Honda

86

10

Fernando Alonso

Spanyol

Alpine - Renault

60