Mencermati Penyebab Tangki Motor Mudah Bocor

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 02 Feb 2018 - 08:00
Mencermati Penyebab Tangki Motor Mudah Bocor
Kran bensin roda dua (kabarOto)

KabarOto.com - Penyakit yang sering terjadi pada tangki motor adalah mengalami kebocoran, dan hal ini menjadi salah satu momok menakutkan pada kendaraan roda dua terlebih lagi motor sport. Nah, apa yang harus dicermati penyebabnya tangki motor mudah bocor.

Baca Juga: Harley Davidson Bertenaga Listrik Siap Meluncur di Tahun 2019

Hal ini menjadi menarik untuk dicermati, dan kabarOto mencoba menelusurinya melalui seorang modifikator dan pemilik bengkel variasi bernama bro Irfan, dari Fans Variasi Motor dibilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurutnya, permasalahan seperti ini dapat terjadi dan terkait dengan pemakaian mode keran bahan bakar, dimana terdapat 3 titik penggunaan yaitu, On, Res dan Off. Ketika On, terbukanya katup keran bahan bakar di atas tinggi screen filter, sehingga ada bagian bahan bakar yang dominan berada di bawah.

"Kalaupun bahan bakar rata dengan tinggi filter, bahan bakar tak bisa turun atau mengalir ke karburator," ungkapnya.

Jika di posisi Res, katup keran terbuka hingga dasaran screen filter, sehingga bahan bakar yang mengalir tak hanya yang bagian atas, tapi bagian dasar juga ikut mengalir.

Lalu bagaimana keran bensin berpengaruh pada penyebab kebocoran tangki bahan bakar motor? Di mana terjadinya tangki bocor identik dan sering terjadi pada bagian tepi bawah.

"Hal ini disebabkan karat dari dalam tangki yang terjadi saat keran pada posisi atau mode On, peluang korosi memang biasa terjadi. Sebab, di saat sebagian bahan bakar tak keseluruhan keluar, biasanya ada kandungan air yang terjebak dalam tangki, dan hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya korosi atau pengaratan," tambah Irfan kepada kabarOto, Kamis 2/1/2018.

Dengan demikian, posisi keran yang baik dan ideal tidak harus pada posisi On, tetapi pada posisi Res. Namun, sesekali juga bisa diaktifkan, dan jangan hanya diaktifkan saat darurat ketika bahan bakar akan habis.

Dengan pengoperasian keran bahan bakar pada mode Res, uap dan air yang terlanjur terjebak dalam tangki jadi bisa ikut mengalir ke karbu atau ke fuel pump bagi mesin injection.

Editor : rio