POPULAR STORIES

Mengatur Dan Menjaga Fungsi Rem Dengan Baik

Mengatur dan Menjaga Fungsi Rem Dengan Baik Atur posisi tuas rem motor agar berfungsi dengan baik (foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Rem pada sepeda motor merupakan komponen kendaraan yang sangat vital, seperti yang telah kita ketahui fungsi dari rem untuk menghentikan laju atau memperlambat laju kendaraan. Dengan keberadaan dan fungsi rem pada kendaraan bermotor, sangatlah penting dan berguna bagi kita pengguna kendaraan. Bagaimana bila fungsi dari rem tidak baik, kita pasti akan mengalami masalah atau kecelakaan saat berkendara. Berikut tips mengatur dan menjaga fungsi rem dengan baik agar kita terhindar dari kecelakaan.

Mungkin Anda pernah mengalami tuas rem terasa keras saat digunakan, atau bahkan mengalami rem blong karena perangkat dan sistem pengereman tidak berfungsi. Sebagai acuan lebih intensiplah dalam memeriksa seluruh perangkat pengereman, mulai dari kondisi tuas, selang kaliper, piringan disk sampai kanpas rem. karena semua perangkat tersebut akan berfungsi maksimal bila dalam keadaan baik, jangan sepelekan fungsi rem karena akan berakibat fatal. Berikut cara mengatur tuas rem dan memperbaiki rem macet ala Bro Irfan selaku mekanik dari Fans Variasi Motor.

Cara Mengatur Tuas Rem

.Cek keadaan tuas rem, apakah masih dalam keadaan baik atau sudah berkarat.
.Pastikan posisi baut pengunci tuas rem dalam keadaan baik.
.Cek komponen pendukung tuas rem seperti selang kaliper, master oli rem dan komponen lainnya, dan posisikan tuas dengan benar (bila menggunakan tuas yang bernomor, sesuaikan dengan kenyamanan jari Anda)

rem
Atur posisi tuas rem dengan menyesuaikan kenyamanan jari (foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Memperbaiki Rem Macet :

.Posisikan sepeda motor dalam keadaan berdiri sempurna (standar tengah)
.Lepas roda depan agar lebih mudah mengecek bagian dalam pada bagian kaliper.
.Bersihkan kaliper dengan cara menyeprotkan dengan udara, dan cek keadaan kanvas rem.
.Cek keadaan selang kaliper, apakah terdapat udara yang membuat rem macet atau tidak berfungsi dengan baik.
.Pastikan minyak rem kendaraan Anda cukup, bila sudah berkurang sebaiknya tambahkan dan perhatikan batas antara upper dan lowernya.
.Buang minyak rem yang sudah tidak bagus dari master oli rem, selang, dan kaliper. Setelah minyak rem sudah terbuang semua, bersihkan piston rem dari kotoran atau karat yang menempel.
.Cek Piston, dari kerusakan atau terkena goresan, bila mengalami korosin atau karat gunakanlah kompon untuk membersihkannya, selain mampu membersihkan karat kompon juga dapat berfungsi menghaluskan permukaan piston bila terdapat goresan tipis, bila terdapat goresan yang terlalu dalam lakukan penggantian piston agar minyak rem tidak bocor.

"lakukan cara di atas bila ingin hasil yang maksimal dan rem keandaraan Anda berfungsi dengan baik, hal yang paling penting adalah, perawatan yang berkala dan perawatan yang maksimal. Bila hal tersebut dilakukan, keselamatan Anda pasti terjaga dengan baik juga." Pungkas Bro Irfan.