Mengenal E-Bus, Kendaraan Listrik Buatan Anak Bangsa

Edo Permanadhita
Edo Permanadhita 26 Mar 2018 - 16:04
Mengenal E-Bus, Kendaraan Listrik Buatan Anak Bangsa
E-Bus (KabarOto/Edo)

KabarOto.com – kesadaran para pelaku industri otomotif untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan, bahkan tidak menghasilkan emisi sama sekali, seakan menjadi tren di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia, karena saat ini PT Mobil Anak Bangsa (MAB) berhasil mengembangkan prototipe E-Bus bertenaga listrik ramah lingkungan.

“Bus ini murni didesain oleh tenaga lokal, beberapa komponennya pun juga produksi lokal,” jelas Bambang Tri Soepandji, Technical Director PT MAB.

Pria yang akrab disapa Ongky tersebut menambahkan, kandungan lokal pada bus listrik tersebut telah mencapai 45 persen. “Semua komponen, termasuk bodi dikerjakan tenaga lokal, namun untuk baterai dan motor listrik kita masih impor,” kata Bambang.

Penampilan bus listrik berwarna dominan biru, yang terinspirasi dari desain bus di Eropa tersebut memang terlihat mewah. Memiliki panjang 12 meter, tinggi 3,7 meter dan lebar 2,5 meter, E-Bus dapat menampung hingga 60 penumpang.

Kendaraan listrik disebut sebagai salah satu program pemerintah untuk mengurangi polusi. “Program ini juga berdasarkan Konferensi Paris dan Protokol Kyoto yang menghasilkan kesepakatan dalam beberapa waktu ke depan emisi harus dapat dikurangi,” jelas Bambang.

Di luar dugaan, ternyata sudah banyak pihak yang memesan E-Bus tersebut, mulai dari kementerian hingga perusahaan otobus (PO) antar-kota. Namun, MAB baru akan memproduksi bus elektrik tersebut di akhir tahun ini.

Baca juga: BMW Mundur Dari Detroit Auto Show 2019

Editor : ballian