POPULAR STORIES

Mengenal Kumpan 54, Skuter Listrik Buatan Jerman Yang Mirip Vespa

Mengenal Kumpan 54, Skuter Listrik Buatan Jerman yang Mirip Vespa Kumpan 54 (Kumpan)

KabarOto.com - Perusahaan pembuat skuter listrik (e-skuter) dari Jerman, Kumpan Electric, secara resmi telah merilis produk terbaru bergaya retro yang disebutnya dengan Kumpan 54.

Bila diperhatikan, skuter listrik ini punya tampilan desain yang mirip sekali dengan Vespa GTS. Meski begitu, bodi pada Kumpan 54 terlihat lebih ramping, dan kompak dibanding skuter asal Italia tersebut.

Baca Juga: Bos Petronas Yamaha: Kami Sudah Lakukan Pembicaraan Dengan Valentino Rossi

Semantara pada bagian setang, juga mengingatkan kita pada milik Vespa Sprint, namun pada Kumpan 54 memiliki lampu yang unik dengan penggunaan sebuah lampu proyektor, sebagai sumber penerangan.

Untuk model terbaru itu, setidaknya Kumpan meluncurkan Kumpan 54 dalam empat varian berbeda, yakni Inspire sebagai model dasar, Ikon, Impuls, dan terakhir Ignite.

Tersedia dalam 4 varian

Skuter listrik Kumpan 54, dirancang untuk perjalanan di lingkungan perkotaan dengan rentang daya baterai tunggal untuk Inspire bisa menjelajah hingga sejauh 62 km.

Bila pengendara membutuhkan daya jelajah lebih jauh, Kumpan menyediakan paket "Kraftpaket 2.0", dimana pengendara dapat memasang baterai tambahan, sehingga memungkinkan jangkauannya mencapai 186 km.

Kumpan menyebut, untuk Inspire dan Iconic, keduanya diklasifikasikan sebagai kendaraan kategori L1 di Eropa, dengan demikian tidak memerlukan lisensi (SIM) untuk mengendarainya.

Punya desain mirip Vespa GTS

"Ini berarti kecepatan untuk Inspire dan Iconic dibatasi hingga 45 kpj. Logis, mengingat tugas yang dimaksudkan dari e-skuter sebagai mesin mobilitas perkotaan," tulis Kumpan.

Selanjutnya pada model Impulse dan Ignite, ditujukan bagi mereka yang menginginkan performa lebih. Pada Impulse, kecepatan tertinggi yang dapat diraih adalah 70 kpj, sedangkan Ignite mencapai 100 kpj.

Karena kecepatannya lumayan tinggi, maka untuk mengendarainya di wilayah Eropa, memerlukan SIM. Sebagai tenaga penggerak, e-scooter Kumpan dibekali sebuah motor berkapasitas 3 kW yang dipasang di hub roda, dan dilengkapi dengan pengereman regeneratif.

Panel indikator dengan layar sentuh

Bila baterai diisi hingga penuh, membutuhkan waktu sekitar empat jam menggunakan arus listrik rumah tangga. Skuter ini juga terbilang ringan, karena hanya memiliki bobot 82 kg. Bila menggunakan tiga baterai, bobotnya bertambah menjadi 112 kg.

Baca Juga: Video Review Cleveland CycleWerks Ace Cafe 400

Canggihnya, Kumpan 54 telah dilengkapi dengan layar sentuh TFT-LCD 7-inci di dasbor. Layar tersebut dapat menampilkan kondisi baterai, untuk setiap paket baterai yang dipasang serta kecepatan, jangkauan, dan informasi lain yang diperlukan.

Dapat diisi tiga buah baterai

Layar ini juga dapat terkoneksi ke ponsel pintar melalui aplikasi, untuk mengaktifkan beberapa fungsi. Seperti membuka bagasi, hingga mengaktifkan skuter (start). Ada tiga mode berkendara yang tersedia, yakni Comfort, Eco dan Rain.

Mengenai harga, skuter listrik ini dijual mulai dari 3,999 Euro atau sekitar Rp 64 juta untuk varian Inspire hingga 4,999 Euro atau setara Rp 80 jutaan. Rencananya, skuter ini akan mulai dijual di Eropa dalam waktu dekat.

Berita Terkait

Berita Terkait