POPULAR STORIES

Mengenal Setir Mobil F1 Milik Lewis Hamilton

Mengenal Setir Mobil F1 Milik Lewis Hamilton

KabarOto.com – Untuk mengendalikan sebuah mobil tentunya memerlukan setir. Umumnya di mobil harian bentuk setir adalah lingkaran, dengan pelengkap lainnya seperti fungsi klakson, audio steering switch, cruise control hingga pedal shift.

Namun berbeda dari setir mobil pada umumnya, khusus untuk mobil pacu Formula 1 itu sangat berbeda. Bentuknya lebih mengkotak dan banyak tombol. Nah, divisi Sistem Elektronik tim Mercedes-AMG Petronas, Evan Short menjelaskan seperti apa setir mobil F1 yang dipakai Lewis Hamilton.

Bahan materialnya menggunakan karbon, dan bagian pegangannya dibalut karet agar pembalap nyaman menggenggam.

Lalu kenapa bentuknya dan fungsinya tidak seperti mobil balap pada umumnya?

Karena mobil F1 tidak punya radius putar yang baik, dan setir tidak bisa diputar 360 derajat. Dimenai kecil dengan bentuk kotak dibuat demi memudahkan jempol pembalap mencapai keseluruhan tombol pada setir.

Baca Juga : Ducati Raih Juara Dunia Konstruktor Di MotoGP 2020

Terdapat beberapa bagian, paling jelas ada layar kecil sebagai penunjuk kinerja mobil, baik posisi gigi, peringatan dari pit, lampu shifting, keterangan pada mesin dan sebagainya. Lalu dibawah layar terdapat tiga buah putaran guna mengatur settingan mobil, misalnya diperlukan untuk kondisi jalanan kering atau basah, mengatur ouput tenaga, dan sebagainya.

Bagian kiri ada tombol kuning guna mengatur posisi sayap mobil, lalu tombol untuk memperbaiki sensor yang salah saat balapan. Ada juga tombol netral namun sudah sangat jarang digunakan ketika di pit. OT atau overtake berfungsi saat pembalap ingin menyusul, sehingga mobil dalam tenaga paling maksimal.

Baca Juga : MG ZS Versi Modifikasi Resmi Mengaspal Di Indonesia, Intip Penampakannya

Bagian kanan ada tombol orange PC berarti Pit Confirm guna memberi tahu pit bahwa ada sesuatu yang salah di trek. Lalu tombol PL Pit Lane guna memperlambat mobil saat memasuki pit stop. Tombol Mark juga berfungsi memberi tahu pit ada sesuatu terjadi pada mobil, dan Talk guna pembalap berbicara kepada pihak pit.

Lalu terdapat putaran, berfungsi sebagai pengaturan differential membagi power baik bagian depan ataupun belakang. Sementara mensetting rem bisa memakai BB -/+ untuk membagi rem mana lebih pakem, depan atau belakang.

Dan bagian belakang memiliki fungsi sebagai pedal shifting, dan juga kopling tangan. Serta koneksi sambungan elektronik semua berada di tengah, sekaligus menjadi quick realease agar memudahkan pembalap keluar masuk mobil.