Mengenal Sistem PGM-FI Pada Sepeda Motor

Mengenal Sistem PGM-FI pada Sepeda Motor Lampu sistem PGM-FI

KabarOto.com - Sepeda motor Honda yang menggunakan sistem PGM-FI sudah dilengkapi dengan salah satu lampu indikator yang terdapat pada bagian spidometer, yaitu Malfunction Indicator Lamp (MIL). Fungsinya untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja dari sistem PGM-FI.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, Apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu indikator MIL akan menyalapa atau berkedip. Fitur ini bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM).

Baca juga: Beli Motor Honda Ini Dapat Potongan Angsuran Sampai Rp1,5 Jutaan

Dasarnya, saat kondisi normal, kunci kontak diputar ke posisi “ON” maka lampu MIL akan menyala sekitar 2 detik, dan akan mati kembali.

Namun sebaliknya, jika ECM menemukan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu MIL akan terus menyala atau berkedip selama kerusakan yang terjadi di dalam sistem PGM-FI belum diperbaiki.

Saat lampu indikator MIL menyala atau berkedip, pengendara jangan panik, karena ECM sudah dibekali dengan teknologi Fail Safe Mode.

Teknologi ini menurut Ade akan memberikan informasi atau data-data yang dibutuhkan oleh ECM, Ketika terdapat sensor yang bermasalah.

Baca juga: Honda New CB150 Verza Bersolek, Lebih Gagah Dan Macho

Sehingga sepeda motor tetap bisa dihidupkan dan dijalankan dengan normal. "Hanya saja performa mesinnya akan sedikit menurun,” ujar Ade.

Namun jika kerusakan sistem PGM-FI terdapat pada bagian komponen primer atau sensor utama, maka secara otomatis ECM akan mematikan fitur pengapian mesin dan suplay bahan bakar, sehingga sepeda motor tidak bisa dihidupkan.

“Sebelum ke AHASS untuk dilakukan perbaikan dan pemeriksaan lebih lanjut ada yang harus dilakukan," tutup Ade.