POPULAR STORIES

Mengenal Sosok Devil Z Dalam Anime Wangan Midnight

Mengenal Sosok Devil Z dalam Anime Wangan Midnight

KabarOto.com – Mungkin buat yang suka menonton film anime, judul Wangan Midnight tidak sepopuler Initial D dengan karakter Takumi Fujiwara dan tunggangannya Toyota AE86.

Namun buat yang suka main game pasti familiar dengan namanya, atau biasa lebih akrab disapa MT yang merupakan singkatan Maximum Tune. Nama lengkapnya adalah Wangan Midnight Maximum Tune (nama seri misalnya 2, 3, 3DX, 3DX PLUS, 4, 5, 5DX, 5DX PLUS, 6).

Nah dalam ceritanya ada sebuah mobil yang menjadi tunggangan Akio Asakura selaku karakter utamanya, ia mengendarai Nissan S30. Sebenarnya latar tempat anime ini adalah di Wangan, dimana jalanannya punya kontur mulus dan sepi, sehingga banyak orang memacu kendaraan dengan cepat.

Mobil tersebut juga dijuluki Devil Z, sudah membunuh pemilik-pemilik sebelumnya karena kecelakaan. Sampai akhirnya dibuang dan terbengkalai di sebuah penampungan rongsokan mobil. Dan suatu hari Akio, melihatnya dan ingin membeli mobil tersebut, walau sudah diperingati berulang kali kalau mobil tersebut membawa sial dan sebagainya. Uniknya, kebetulan nama pemilik sebelumnya juga sama yakni Akio Asakura.

Baca Juga : AE86 Andalan Milik Takumi Fujiwara Pada Initial D

Aslinya Nissan S30 ini punya beberapa nama seperti Nissan Fairlady Z, dan Datsun 240Z, ada juga 260Z dan 280Z yang berbeda dari kapasitas mesinnya.

Untuk jantung pacunya, S30 dibekali mesin L24 berkapasitas 2.393 cc, dengan output tenaga sebesar 151 dk pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 198 Nm pada 4.400 rpm. Dengan beberapa pilihan transmisi yakni 4 percepatan manual, 5 percepatan manual, dan 3 percepatan otomatis. Tapi kalau versi anime mesinnya sudah diganti L28 twin turbo yang lebih bertenaga.

Hasil performanya juga terbilang kencang loh, sebab 0 hingga 100 kpj tuntas dalam 8 detik, serta kecepatan maksimal bisa mencapai 201 kpj. Wajar saja sih sebenarnya, karena titel mobil ini adalah mobil sport yang bersaing sekelas Porsche, BMW, Mercedes-Benz dan sebagainya.

Baca Juga : Sadis, Datsun Fairlady Z Lawas Ini Laku Rp1,7 Miliar!

Semua varian memiliki lengkapi suspensi independen yang terdiri dari MacPherson struts di depan dan Chapman struts di belakang. Sementara sistem pengereman menggunakan kombinasi rem cakram depan dan belakang tromol sebagai standar.

Kalau AE86 terkenal sebagai juara drift dan touge, S30 juga dikenal juara rally. Buktinya tahun 1973, Shekhar Mehta berhasil memenangkan East African Safari Rally dengan mobil tersebut. Dan pada 2004 , Sports Car International menempakan Devil Z sebagai salah satu Top Sports Cars dari tahun 1970-an.

Bagaimana menurut kalian? Lebih keren Devil Z atau Hachiroku nih?