Mengenal Toyota Dyna Rino, Armada Bongsor Pos Indonesia Zaman Dahulu

Mengenal Toyota Dyna Rino, Armada Bongsor Pos Indonesia Zaman Dahulu Foto: Kipli

KabarOto.com - Selain Mitsubishi Colt L300, dahulu Pos Indonesia juga pernah menggunakan mobil besar untuk akomodasi pengirimannya, loh!

Biasanya mobil ini digunakan untuk pengiriman luar kota, dan menganggukut paket yang ukurannya cukup besar. Alasannya tentu saja agar dapat memuat lebih banyak dan lebih efisien dalam pengirimannya.

Mobil besar yang digunakan Pos Indonesia salah satunya adalah Toyota Dyna Rino. Sekilas soal mobil ini, dulunya Dyna juga punya kembaran merek lain yakni Daihatsu Delta, dan sekarang saudara kembarnya adalah Hino Dutro.

Ini merupakan model pengembangan sebelumnya, dan bertahan hingga tahun 1982. Toyota juga memberikan beberapa pilihan sesuai kebutuhan pekerjaan yang saat itu untuk membantu menggerakkan perekomonian.

Pilihan tersebut adalah Dyna dengan 6 dan 4 ban bertenaga 113 dk/ 115 ps sesuai emblem yang tertera diatas headlamp depan mobil.

Baca Juga: Toyota Starlet XL, Hatchback 3 Pintu Paling Hits Di 1980an

Bermodalkan mesin 3B, 13B dan 14B yang punya rentang kapasitas 3.400cc sampai 3.700cc, Dyna dengan 6 ban diperuntukan untuk truk menggangkut barang berat serta transportasi luar kota yang memiliki medan ekstrem.

Adapun Dyna dengan 4 ban, lebih difungsikan sebagai mobil angkut perkotaan, tidak terlaalu besar, namun masih sangat memadai dalam volume angkut barang.

Generasi ini juga dikenal dengan sebutan Dyna Rino 115 PS, mobil tersebut juga pernah menjadi armada Pos Indonesia untuk memenuhi pengiriman paket atau dokumen ke luar kota atau pulau, nih.

Armada baru Pos Indonesia pengganti Toyota Dyna Rino

Nah, buat Sobat Kabaroto yang pernah kirim paket besar ke luar pulau atau kota, zaman dahulu paket kamu sudah pasti diantar oleh mobil jenis ini. Sayangnya, karena faktor usia, Dyna Rino ini sudah istirahat dan terbengkalai digantikan armada yang lebih baru. (Deddy/ Kipli/ Aan)

Berita Terkait

Berita Terkait