Toyota Starlet XL, Hatchback 3 Pintu Paling Hits Di 1980an

Toyota Starlet XL, Hatchback 3 Pintu Paling Hits di 1980an Toyota Starlet XL 1987 di Kumbar Kedai Built Up (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Mobil retro hingga tahun 2019 ini masih menjadi dambaan berbagai kalangan, biasanya pecinta mobil retro maupun klasik memiliki cerita di masa lalu yang berkaitan dengan mobil tersebut. Melalui kendaraan, seseorang dapat bernostalgia ke masa yang silam. Seolah menyimpan kenangan melalui benda.

Toyota Starlet XL menjadi salah satu kendaraan yang menampilkan gaya kendaraan zaman dulu. Bentuknya khas mobil tahun 1980an, di mana kendaraan roda empat didominasi bentuk kotak. Bagian eksteriornya pun tidak memiliki banyak ornamen, sehingga terlihat simpel.

Lahir pada tahun 1987, Toyota Starlet XL berhenti produksi pada 1990. Walaupun sudah tua, nama mobil ini masih melekat untuk orang di zamannya, bahkan anak milenial sekarang.

Baca Juga: Sekilas Sejarah Angkutan Bus Damri Di Indonesia

Bentuk headlamp yang kotak namun agak cembung masih menggunakan lampu halogen, diapit dengan gril dua garis horizontal. Pada bagian tengahnya dipermanis siganture Toyota, bukan logo seperti mobil zaman sekarang.

Mobil 3 pintu ini memiliki ukuran kecil dan kompak dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.590 mm, dan jarak sumbu roda 2.300 mm.

Toyota Starlet XL milik Koordinator Kumbar Built Up Helmie SRS, memiliki keistimewaan tersendiri Sob. Pasalnya, mobil yang sudah berumur 30 tahun lebih ini kilometernya tidak lebih dari 3.000, yaitu 2.492 km. Hal inilah yang membuat daya tariknya semakin melekat di kalangan pecinta mobil retro dan dibanderol harga yang tidak murah.

Tidak hanya kilometernya saja yang terjaga, mobil kelahiran 1987 milik Om Helmie, begitu ia sering disapa, masih mulus Sob, Baik bagian eksterior, interior, maupun mesin.

Baca Juga: Leyland Titan, Bus Tingkat PPD Paling Kesohor Di Eranya

Mobil yang lahir pada 1970 hingga 1980-an biasanya identik dengan bukaan kaca manual, tetapi Toyota Starlet milik Om Helmie sudah mengalami perubahan dengan power window. Joknya dibalut dengan bahan fabric dengan motif garis-garis perpaduan putih dan abu-abu. Sementara head rest-nya dibalut kulit.

Toyota Starlet XL dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.000 cc, mampu menyemburkan tenaga sebesar 54 dk dengan torsi maksimum 75 Nm pada torsi 3.800 rpm. Kecepatan tertingginya mencapai 150 kpj dan mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 13,5 detik.

Dibekali sistem pembakaran karburator, tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 40 liter.