Mengerem Ada Tekniknya Agar Motor Tidak Tergelincir

Mengerem Ada Tekniknya Agar Motor Tidak Tergelincir

KabarOto.com - Menggunakan kendaraan bermotor untuk kegiatan sehari-hari sudah tidak lagi menjadi hal yang aneh. Bahkan, hampir setiap orang memiliki kendaraan pribadi.

Pengendara sepeda motor kini sudah tidak lagi terhitung jumlahnya. Karena kendaraan ini dianggap mampu menerjang lalu lintas lebih lincah dan cepat.

Siapa sangka, melakukan pengereman ketika melaju dalam kecepatan tinggi ternyata ada caranya loh. Mungkin Sobat KabarOto cukup sering melihat peristiwa pengendara sepeda motor yang tergelincir akibat rem mendadak.

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Sebenarnya ada dua hal penting yang harus diketahui dalam mengendarai sepeda motor, terutama matik. Karena motor ini sering dianggap mudah dalam pengoperasiannya.

Ketika kendaraan sedang melaju dan ingin melakukan pengereman, yang paling efektif adalah menggunakan rem depan.

Teknik Mengendarai Motor

Tapi, perlu Sobat KabarOto ketahui ketika melakukan pengereman pastikan juga stang motor dalam keadaan lurus. Hal ini perlu dilakukan agar tidak motor tetap dalam kendali.

"Cuma kalo posisinya stang kemudinya kita miring, di rem depan ya kita langsung kepleset," Johanes Lucky selaku Safety Riding Head Astra Honda Motor.

Baca Juga: Rem Cakram Motor Blong? Ini Yang Harus Dilakukan

Lucky juga menegaskan bahwa tidak ada persen yang bisa dihitung ketika menarik tuas rem, hanya perlu dirasakan saja. Posisi menarik rem depan dan belakang berbarengan, tetapi lebih kuat menarik rem depan.

Apabila dalam kondisi ini kemudian tangannya goyang atau tidak stabil, kemungkinan besar pengendara akan terjatuh.

Selain hilangnya konsentrasi, kecelakaan tunggal biasanya terjadi karena mengabaikan proses pengereman tersebut. Hingga akhirnya membuat kendaraan yang ditunggangi oleng bahkan tergelincir.

Berkendara Sepeda Motor

"Artinya, ketika dia mengontrol sepada motornya, dia kurang mengontrolnya dengan benar," jelas Lucky.

Selain itu, bisa juga pengendara yang terlibat kecelakaan tunggal disebabkan kleh menambah putaran gas ketika posisinya masih miring.

"Jadi kan traksinya rendah, tarik gas, jadi ya gampang kepleset," tambahnya.

Nah, buat Sobat KabarOto yang hobi menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari, jangan sampai abaikan hal ini. Karena akibatnya bisa fatal dan mengerikan. Stay safe!