Mengintip Kerennya, Motor Pengawal Presiden Jokowi

Mengintip Kerennya, Motor Pengawal Presiden Jokowi Yamaha FZ1 (KO/Edo)

KabarOto.com - Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, akhirnya resmi dilantik di gedung MPR/DPR di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10). Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia untuk kedua kalinya.

Saat akan menghadiri acara pelantikan, Jokowi terlihat berangkat dari Istana Merdeka dengan menumpangi mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard.

Baca Juga: Belasan Unit Mercedes-Benz S-Class Dikerahkan Untuk Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden 2019-2024

Mobil yang ia gunakan masih model lama, karena S600 Guard paling anyar sebagai penggantinya, rencanannya baru akan selesai diproduksi tahun depan.

Dari Istana, ia melewati jalan MH. Thamrin, menuju jalan Jenderal Sudirman, setelah itu naik keatas Jembatan Semanggi, untuk seterusnya ke Gedung Wakil Rakyat. Selama perjalanan ia terlihat dikawal oleh puluhan anggota Pasukan Pengaman Presiden (Pampaspres) yang menggunakan mobil dan sepeda motor yang keren.

Rangkaian rombongan perjalan Jokowi tersebut terlihat berwibawa dan gagah. Mari kita ulas sepeda motor apa saja yang mengawal perjalanan Jokowi:


1. Yamaha FZ1

Sepeda motor bergaya naked bike ini sempat menghebohkan publik, karena digunakan Presiden Jokowi saat seremoni pembukaan Asian Games di Jakarta. Yamaha FZ1 dibekali mesin 4 silinder 998 cc DOHC injeksi.

Yamaha FZ1

Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga hingga 150 dk dan torsi sebesar 106 Nm. Tenaganya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

Sepeda motor itu sudah digunakan oleh unit pengawalan bermotor Paspampres sejak 2010, atau sejak era presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan Ibu Ani Yudhoyono menyebut tim penyelamat yang selalu berada di samping kanan dan kiri mobil Presiden itu sebagai 'Ninja' karena pakaiannya yang serba hitam.

2. BMW K 1600 B

Bisa dibilang, sepeda motor gede (moge) berjenis touring ini menjadi salah satu kendaraan paling anyar para pengawal Presiden. Digunakan oleh anggota kepolisian, sepeda motor asal Jerman tersebut dibekali mesin berkapasitas 1.649 cc.

BMW K 1600 B

Kapasitas mesin tersebut, saat ini menjadi yang tertinggi di jajaran seri BMW Motorrad. Mesin 6 silindernya sanggup menyemburkan tenaga maksimum hingga 160 dk di 7.750 rpm dan mampu mencapai torsi puncak hingga 175 Nm pada 5.250 rpm.

Tenaga yang cukup besar itu, disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan Helical Gearbox Multiple-disc Clutch. Menariknya, sistem penggeraknya menggunakan gardan, yang menjadi ciri khas BMW, bukan lagi rantai.

3. Honda Goldwing

Para pengawal Presiden Jokowi juga terlihat menggunakan sepeda motor Honda Goldwing generasi paling anyar. Dikendarai oleh para Polisi Militer, moge berjenis turing tersebut biasanya berjalan dalam formasi berbentuk sayang saat berada di rangkaian. Posisinya persis di depan mobil kepresidenan.

Honda Goldwing

Goldwing boleh dibilang menjadi salah satu produk legendaris Honda. Meski usianya sudah beranjak 44 tahun, sejak pertama kali diluncurkan pada ajang Cologne Motor Cycle Show 1974, namun motor ini punya penggemar fanatik tersendiri.

Honda Goldwing menggunakan mesin berkapasitas 1.833 cc, 6 silinder, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 124 dk dan torsi maksimum 170 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Berita Terkait

Berita Terkait