Mengintip Spesifikasi Bus Listrik Buatan Mobil Anak Bangsa

Edo Permanadhita
Edo Permanadhita 26 Mar 2018 - 18:16
Mengintip Spesifikasi Bus Listrik Buatan Mobil Anak Bangsa
E-Bus (KabarOto/Edo)

KabarOto.com - Bus Elektrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) berhasil mencuri perhatian khalayak. Desainnya mewah dan terkesan Hi-Tech.

Memiliki panjang 12 meter, tinggi 3.7 meter dan lebar 2.5 meter, bus yang dinamai E-Bus tersebut diklaim dapat melaju dengan tenaga yang berasal dari motor listrik.

Berdasarkan data teknik yang didapat KabarOto.com, E-Bus Menggunakan electrical motor tipe Permanent Magnetic Synchronous Motor (PMSM), yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 268dk dan torsi 2400Nm.

Tenaga sebesar itu dapat membuat E-Bus melaju hingga kecepatan 70 kpj. "Bila baterai terisi penuh, dapat menjangkau hingga 250 km, namun itu juga tergantung pada kondisi jalan,”ujar Bambang Tri Soepandi atau yang akrab dipanggil Ongky, Technical Director MAB.

Untuk sumber kelistrikkannya, E-Bus dibekali dengan baterai Lithium berkapasitas 259 kwh. Baterai tersebut dapat terisi penuh hanya dalam waktu 3 jam.

Saat ini kandungan komponen lokal pada E-Bus sekitar 45%, namun kedepannya MAB berencana menambahkan hingga mencapai 100 persen.

Baca juga: Mengenal E-Bus, Kendaraan Listrik Buatan Anak Bangsa

Editor : ballian