POPULAR STORIES

Menjadi Yang Terbaik, Tim Mobil Listrik UGM Diakui Dunia Internasional

Menjadi yang Terbaik, Tim Mobil Listrik UGM Diakui Dunia Internasional

KabarOto.com - Setelah mendapat predikat juara 1 Desain Mobil dalam kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021 beberapa waktu lalu, tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mempresentasikan karyanya.

Dalam kompetisi berskala internasional, yaitu 5th Annual FSEV Concept Challenge (FSEV 2021), mereka mendapat predikat Best Battery Design, 3rd Place Team Management Report. Selain itu menjadi finalis di kategori Software and Intelligence Integration.

Kompetisi tersebut yang berlangsung di India virtual 30 Juli sampai 4 Agustus 2021, diikuti oleh 31 tim dari India, Turki serta Indonesia. Tim ini memenangkan penghargaan desain baterai terbaik.

Baca juga: Keren, Mahasiswa UGM Hadirkan Konsep Mobil Listrik Bernama Daruna

Tak mudah memenangkan kompetisi, tim harus memberikan tujuan yang jelas, untuk kebutuhan tenaga dan energi kendaraan yang dicapai dengan penyusunan baterai yang ringkas serta faktor keamanan.

Faktor ini merupakan hal yang perlu disorot dalam desain yang dibuat atas pemilihan material, integrasi Battery Management System (BMS), serta pemilihan komponen kelistrikan yang baik.

Muhammad Raihan Hilmy, ketua tim untuk kompetisi tersebut menyatakan, tujuan awal tim Arjuna mengikuti kompetisi tahunan yang kedua kalinya adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman. Selain itu, mendapat feedback yang dapat diambil dari kompetisi ini. Sehingga persiapan tim dan konsep untuk mobil yang akan dibuat tahun depan ini semakin baik.

Kompetisi yang diselenggarakan kelima kalinya oleh Curiosum Tech Private Limited, dibawah nama Formula Bharat India tersebut, dibuat untuk memberikan mahasiswa di seluruh negara kesempatan mengkonsep dan mendesain Formula Student Electric Vehicle Powertrain Package.

Baca juga: Lawan Covid-19, UGM Ajak Daihatsu Buat Mobil Siaga

Selain itu juga menguji pemahaman sistem manajemen dalam industri mobil listrik. Kompetisi ini terdiri dari enam kategori, yaitu Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, Software Integration Report, Design Specification Sheet Report (DSS), serta Engineering Design Presentation (EDP).