POPULAR STORIES

Menjaga Habitat Bekantan, Yayasan AHM Tanam 1.000 Pohon Mangrove Di Pulau Curiak

Menjaga Habitat Bekantan, Yayasan AHM Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Curiak Penanaman Mangrove di Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Foto: AHM)

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menanam 1.000 pohon mangrove rambai, di Kawasan Stasiun Riset Bekantan, Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (08/12/2022).

Penanaman ini sebagai upaya untuk memberi perlindungan kepada lingkungan, diharapkan dapat menjaga habitat bekantan, primata endemik dari Pulau Borneo.

Baca Juga: Yayasan AHM Resmikan Safety Riding Lab Di Bali

Kegiatan ini merupakan pelengkap dari 750 pohon yang sudah ditanam sejak 2018 di pulau yang memiliki luas 3.050 meter persegi.

Mangrove rambai yang ditanam di Pulau Curiak sangat penting bagi habitat bekantan, karena pucuk daunnya menjadi sumber makanan utama hewan yang terancam punah ini.

Penyerahan secara simbolis bibit mangrove di pusat konservasi (Foto: AHM)

Penanaman mangrove rambai ini juga dapat berkontribusi menyerap karbon dan memperbaiki ekosistem lahan basah, dalam mendukung kehidupan satwa dan kehidupan manusia secara berkelanjutan.

Yayasan AHM, juga membangun titian jalan sepanjang 25 meter, dan 1 buah tempat singgah, yang akan digunakan sebagai sarana edukasi serta pengembangan Stasiun Riset Bekantan. Dalam hal ini mereka kerja sama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, penanaman mangrove merupakan rangkaian program Bumi Satu Hati yang meliputi reboisasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

Program dalam rangka beradaptasi dan mitigasi perubahan iklim, dan penurunan Gas Rumah Kaca. Berbagai kegiatan dilakukan secara konsisten, melibatkan berbagai stakeholder sampai masyarakat juga pecinta lingkungan.

Baca Juga: Yayasan AHM Dampingi Bengkel Binaan Dengan Beragam Kegiatan

“Kegiatan bentuk semangat Sinergi Bagi Negeri dalam berkolaborasi menjaga keberlangsungan alam, untuk generasi penerus bangsa," ucap Muhib.