POPULAR STORIES

Menjaga Kopling Mobil Tetap Awet, Ini Caranya

Menjaga Kopling Mobil Tetap Awet, Ini Caranya Beberapa tips untuk menjaga kopling mobil tetap awet tahan lama. (Foto: Istimewa)

Sistem kopling pada mobil yang bertransmisikan manual terletak diantara kopling dan transmisi dimana kopling ini berfungsi sebagai komponen pemutus dan penghubung tenaga mesin ke roda-roda melalui transmisi. Dengan fungsi yang seperti itu pastinya memerlukan perawatan agar tetap awet karena kopling ini sangat berperan penting dalam kendaraan.

Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi pada kopling yang harus kita hindari diantaranya sebagai berikut:

1. Jangan meletakan kaki secara terus menerus pada pedal kopling saat kendaraan sedang berjalan karena hal ini memungkinkan terjadinya suatu keausan plat Matahari Kopling pada rumah kopling dan juga release bearing.

2. Ketika sedang berjalan beriringan pada tanjakan atau antrian ditanjakan hal yang hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan tidak menahan kendaraan dengan setengah kopling namun menggunakan rem tangan maupun rem tromol karena apabila kita menahan kopling setengah hal buruk yang akan terjadi adalah kampas kopling akan cepat mengalami keausan dan juga akan mengakibatkan kampas akan berumur lebih pendek dari masa kampas yang sebenarnya.

3. Tidak melakukan pelepasan kopling dengan cara yang kasar hal ini tentu daja akan mengakibatkan sesuatu yang buruk pada permukaan plat kopling, selain itu juga penggunaan kopling dengan cara yang demikian pada saat membawa bebean berat tidak menutup kemungkinan dapat mengakibatkann plat-plat yang berada di kampas kopling menjadi terputus.

 

Untuk menjaga kopling agar menjadi lebih awet tentunya diperlukan sedikit perawatan yang dapat Anda lakukan. Pada kesempatan kali ini Kabaroto akan memberikan beberapa tips utnuk melakukan perawatan terhadap kopling agar menjadi lebih awet, diantaranya:

– Periksa kopling dari kemungkinan terjadinya kebocoran minyak kopling pada kendaraan yang menggunakan minyak kopling, hal yang paling utama yang harus dilakukan yaitu periksa Master Cylinder bawah dari kebocoran, hal ini dikarenakan pada saat kita membawa bedan yang terlampau berat maka master Cylinder bagian bawahlah yang menumpu beban pada saat pedal kopling diinjak.

– Hal yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu periksa setelan kopling.

– Ketika terlihat ada oli yang keluar dari sambungan mesin dan juga transmisi, maka segeralah lakukan penggantian pada bagian seal crankshaft belakang karena apabila oli bocor yang dibiarkan maka akan menyebabkan kopling menjadi cepat mengalami selip oleh oli.

– Hal yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kopling tetap awet berikutnya adalah dengan melakukan Pemeriksaan juga terhadap tekanan pedal kopling pada saat servis, disaat kaki mulai merasa pegal akibat dari kopling yang terasa berat.

Itulah beberapa tips untuk melakukan perawatan terhadap kopling agar kopling tetap dalam keadaan yang baik dan dapat bertahan lama (awet) semoga bermanfaat.

Baca Juga: