POPULAR STORIES

Menjelang GP Australia, Sirkuit Albert Park Ubah Desain

Menjelang GP Australia, Sirkuit Albert Park Ubah Desain

KabarOto.com - Otoritas Sirkuit Albert Park menginformasikan mengubah desain di beberapa area sebelum digelarnya Formula 1 2021, Grand Prix Australia, November mendatang.

GP Australia awalnya dijadwalkan menjadi lomba pembuka F1 2021 pada 21 Maret. Namun, akibat pandemi Covid-19 kembali menyerang Australia, pihak promotor lokal pun meminta F1 menjadwal ulang gelaran.

F1 dan FIA mengabulkan dengan memindahkan Albert Park sebagai tuan rumah lomba ke-21 yang akan digelar pada 21 November mendatang. Pemunduran jadwal itu pun dimanfaatkan otoritas Albert Park untuk membenahi lintasan.

Baca Juga : Sebastian Vettel Jual 8 Koleksi Mobil Miliknya

Sudah lama Sirkuit Albert Park dikritik karena kualitas aspal dan beberapa tikungan yang dianggap tidak cocok lagi dengan karakter mobil F1. Kini, rancangan pekerjaan untuk desain tata letak baru trek sepanjang 5,303 km itu sudah terlihat.

Pit lane sudah dilebarkan sekitar 2 meter. Pit wall juga dipindahkan ke tepi jalan yang selama ini ditutupi rumput. Perubahan ini membuat posisi pembatas kecepatan di pit lane kemungkinan berpindah.

Pada fase kedua, perubahan terbesar ada di tikungan 9 dan 10. Pekerjaan ini sudah dimulai bulan ini dan diperkirakan selesai pada Juni 2021. Selama ini, T9 dan T10 membutuhkan pengereman keras karena tikungan kanan yang terlalu sempit.

Baca Juga : McLaren Tim Pertama Ungkap Mobil F1 2021

Perubahan ini praktis membuat kecepatan mobil saat masuk T11-T12 akan lebih tinggi hingga bisa membuat mobil tidak stabil sebelum masuk zona pengereman keras di T13 yang selama ini bisa menciptakan peluang untuk overtaking.

Tikungan 13 ke kanan juga akan diubah dengan memperlebar area masuk agar lintasan bisa memuat lebih dari satu line saat mobil melewati tikungan tersebut. Fase 3 adalah memberikan aspal baru, namun pengerjaan aspal tersebut baru akan dilakukan setelah balapan di bulan November mendatang, itupun jika lomba bisa digelar.

Perpanjangan kontrak untuk menggelar GP Australia sampai 2025 memang menyinggung soal perubahan harus segera dilakukan. Sementara, pengaspalan ulang bisa diundur untuk GP Australia 2022.