POPULAR STORIES

Menko Perekonomian: Penjualan Mobil Dan Motor Terus Meningkat, Tidak Dibarengi Perluasan Jalan

Menko Perekonomian: Penjualan Mobil dan Motor Terus Meningkat, Tidak Dibarengi Perluasan Jalan Mobl listrk Wuling saat ini mencatatkan angka penjualan terbanyak (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menganggap, penjualan mobil dan motor di Indonesia tahun 2021 mengalami peningkatan. Tahun 2022, menurut dia juga naik cukup signifikan untuk kendaraan roda empat.

Sementara roda dua naik tipis. Meski mengalami kenaikkan, namun tidak dibarengi penambahan dan perluasan jalan, sehingga kemacetan menghiasi berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Terus Meningkat, Pemerintah Siap Subsidi 35 Ribu Unit

Motor listrik mulai dibeli konsumen Indonesia (Foto: Yadea)

Pembelian mobil baru domestik 1,048 juta unit, naik 18%. "Kami melihat kendaraan roda dua penjualannya 5,2 juta unit selama 2022 atau tumbuh 3,2%," jelas Airlangga Hartarto saat membuka Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (10/03/2023).

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan, penjualan mobil dan motor cukup tinggi, hal itu membuat jalan di Indonesia semakin macet. Untuk itu, pemerintah terus menguatkan ekspor.

Meski begitu, industri otomotif terus mendongkrak penjualan melalui berbagai pameran. Baru saja dibuka, Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW), berlangsung 10 - 19 Maret 2023. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, melalui GJAW 2023, pihaknya berupaya menggerakkan pasar di awal tahun 2023.

Baca Juga: Ada 4 SPKLU Di Ruas Tol Semarang-Batang Untuk Pemudik Dengan Mobil Listrik

"Hadirnya produk terbaru, menjadi kesempatan yang bagus untuk masyarakat membeli mobil baru di awal tahun," ungkap Nangoi. Ada lebih dari 60 merek, dengan line-up lengkap termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung.