POPULAR STORIES

Menperin Puji Mercedes-Benz Indonesia Yang Sudah Rakit Lokal Kendaraannya

Menperin Puji Mercedes-Benz Indonesia yang Sudah Rakit Lokal Kendaraannya Rakitan lokal di Wanaherang, Jawa Barat (Kemenperin)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT. Mercedes Benz Indonesia yang telah mampu memproduksi model sedan termewah dalam line-up Mercedes-Benz saat ini.

Hal ini, menurutnya, menunjukkan bahwa industri otomotif di Indonesia telah dipercaya sebagai basis produksi kendaraan bermotor semua segmen mulai kelas low, middle sampai premium and luxury.

“Pertumbuhan kelas menengah yang terus meningkat, kemudian adanya bonus demografi, penetrasi teknologi digital, serta peningkatan tren penggunaan energi baru dan terbarukan, akan menjadi katalisator transformasi industri kendaraan bermotor nasional menuju teknologi zero emission,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier di Jakarta, Minggu (28/11).

Baca juga: Menperin: Meski Masih Pandemi, Industri Otomotif Melejit Naik

Ia menegaskan, pemerintah telah siap memasuki era teknologi zero emission melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Presiden Direktur PT. Mercedes Benz Indonesia, Patrick Schwind menyampaikan bahwa pada tahun 2020 Mercedes-Benz telah genap berusia 50 tahun beroperasi di Indonesia, dengan memproduksi kendaraan bermotor baik penumpang maupun komersial di pabrik Wanaherang, Jawa Barat.

“Komitmen tersebut diimpelementasikan melalui penambahan model yang dirakit di dalam negeri secara terus menerus, diantaranya peluncuran E Class dan S Class,” paparnya.

Sebelumnya, pada Oktober 2021, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke Jerman. Pada lawatannya tersebut, Menperin Agus bertemu dengan DAIMLER AG (Mercedes-Benz), dengan memaparkan peluang investasi di tanah air bagi produsen kendaraan kelas premium dari Eropa, termasuk potensi Indonesia sebagai basis pengembangan teknologi kendaraan zero emission.

Baca juga: Ini Fitur-fitur Baru Bus Daimler Mercedes-Benz OF 917 Karoseri Laksana

Duta Besar Republik Jerman bagi Indonesia, Ina Lepel menyampaikan selamat atas peluncuran produk E-Class dan S-Class produksi Indonesia, mengingat tidak banyak perusahaan Jerman yang beroperasi di Indonesia, dan Mercedes adalah kebanggaan negaranya.

“Sebagai negara industri 4.0 terkemuka di dunia, pemerintah Jerman akan mendukung program Making Indonesia 4.0 yang telah diluncurkan pada tanggal 4 April 2018, industri otomotif menjadi salah satu sektor prioritas pengembangan implementasi industri 4.0 karena memiliki kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia,” ungkap Ina Lepel.