POPULAR STORIES

Menperin Targetkan Mobil Pedesaan Bisa Dipasarkan Akhir 2018

Menperin Targetkan Mobil Pedesaan Bisa Dipasarkan Akhir 2018 Mobil pedesaan yang dikembangkan oleh oleh PT Kiat Mahesa Wintor Nusantara (KMWN)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian menargetkan Mobil Pedesaan yang dikembangkan PT Kiat Mahesa Wintor Nusantara, bisa dipasarkan mulai akhir tahun 2018 ini. Pemerintah sedang merancang regulasi terkait tingkat keamanan dan fitur di kendaraan tersebut.

"Kami harap kuartal tiga Mobil Pedesaan sudah bisa kelihatan bentuknya sehingga pada akhir 2018 sudah dipasarkan dan bisa digunakan sebagai alat penggerak kegiatan ekonomi di desa," terang Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Kemenperin Gelar Lomba Desain Mobil Pedesaan

Airlangga mengakui untuk memproduksi massal mobil itu, harus melalui beberapa tahap, di antaranya membentuk entitas usaha, menyiapkan sumber daya manusia, serta membuat prototipe produk yang akan diproduksi. Selain itu harus melewati uji teknis, uji layak jalan dan endurance test (tes ketahanan).

Tahapan selanjutnya yang harus siapkan untuk Mobil Pedesaan adalah standar teknis produk dan produksi, yakni menyiapkan jaringan rantai pasok untuk kebutuhan produksi dan purna jual dan menyelenggarakan proses produksi.

Selain itu, lanjut Menperin, hal lain yang harus diperhatikan adalah menjual produk melalui jaringan yang ditetapkan, serta memberikan jaminan purna jual. “Semua tahapan tersebut memerlukan peran aktif dari pelaku usaha,” tuturnya.

Untuk itu, dengan pengalaman membuat kendaraan dari masing-masing pihak dalam konsorsium PT Kiat Mahesa Wintor Nusantara (PTKMWN), Menperin yakin usaha ini mampu mewujudkan tahapan produksi massal.

Keyakinan Airlangga didukung dengan sudah dihasilkan platform yang didesain sedemikian rupa dengan tetap memaksimalkan kemampuan industri dan penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri, terutama oleh IKM.