POPULAR STORIES

Menteri ESDM Pastikan Program Mobil Listrik Terus Berjalan

Menteri ESDM Pastikan Program Mobil Listrik Terus Berjalan

KabarOto.com - Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan program pengembangan mobil listrik akan terus berjalan. Dia menuturkan, suka atau tidak suka program ini program pengembangan mobil listrik pasti jalan.

"Kami tidak ingin menghambat pengembangan mobil listrik, kami dorong, rancangan peraturan Presidennya sedang disiapkan, "ujar Jonan.

Alasanmenjalankan program ini merupakan bagian dari program ketahanan energi nasional di sektor transportasi yang akan menggantikan mobil berbahan bakar fosil yang masih di impor bahan bakunya.

Baca Juga: Menperin Pastikan Regulasi LCEV Selesai Satu Bulan

Mobil listrik adalah penemuan yang luar biasa dan cocok dengan ketahanan energi nasional, kalau ada banyak mobil listrik di Indonesia, energi primernya kan listrik, untuk menghasilkan listrik kan batu baranya tidak impor, gas tidak impor, geothermal tidak impor, air tidak impor," kata Jonan.

Program Mobil Listrik merupakan salah satu komitmen Pemerintah Indonesia untuk menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca (CO2) sebesar 29% pada 2030,

Mobil listrik adalah teknologi masa kini yang memiliki kelebihan utama yaitu tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.

Pengembangan teknologi mobil listrik di Indonesia membutuhkan komitmen, baik dari pemerintah, pengusaha, stakeholder, termasuk masyarakat pengguna dalam mempersiapkan seluruh faktor pendukung seperti infrastruktur, perpajakan, serta penyadaran kepada masyarakat.

PT PLN (Persero) selaku penyedia bahan bakar listrik menyatakan kesiapannya untuk membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini, pembangunan SPLU sudah mencapai sekitar 875 unit dan 543 unit di antaranya berada di DKI Jakarta.