POPULAR STORIES

Menteri Perhubungan Akui, Mudik Tahun 2022 Berjalan Lancar Namun Belum Maksimal

Menteri Perhubungan Akui, Mudik Tahun 2022 Berjalan Lancar Namun Belum Maksimal Pemudik yang melintasi gerbang tol Cikampek (Foto: KO)

KabarOto.com - Arus balik yang berakhir sampai 9 Mei 2022 kemarin diklaim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjalan dengan baik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, semua masukan sudah mereka terima.

"Alhamdulillah pada umumnya menyampaikan bahwa mudik pada tahun ini berjalan dengan baik," terang Budi, dalam keterangan resminya, Senin (09/05).

Baca juga: Naik 18,6 Persen, Ada Sebanyak 1,75 Juta Pemudik Tahun 2022

Perjalanan mudik menggunakan mobil di tol MBZ (Foto: KO)

Budi menambahkan, mudik kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu ditunjukkan dari hasil survei ada 85,5 juta masyarakat yang mudik dengan menggunakan berbagai mode transportasi, darat, laut dan udara. Jumlah tersebut meningkat, karena dua tahun belakangan masyarakat dilarang mudik karena kasus Covid-19 terus meningkat.

Mudik tahun ini, merupakan tantangan bagi seluruh stakeholder, agar bisa melayani dengan baik. menhub juga mengatakan, pelaksanaan mudik 2022 menghasilkan satu pergerakan yang sangat banyak.

Baca juga: Meski Lewati Lebaran, Jumlah Pemudik Masih Melonjak Hingga 34,3 Persen

Meski dinilai berjalan lancar, namun Budi mengaku belum optimal pelayanan yang diberikan pada mudik 2022 ini. namun, diharapkan momen ini dapat menjadi kebangkitan perekonomian masyarakat di daerah dan juga secara nasional, sekaligus menjadi tanda dimulainya masa endemi.

"Kami selalu menekankan agar protokol kesehatan dijalankan dengan baik, sehingga diharapkan tidak terjadi kenaikan kasus usai masa mudik," terang dia lagi. Budi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemudik yang sudah mengikuti berbagai imbauan dari pemerintah.