POPULAR STORIES

Merawat Ban Mobil Dan Motor, Begini Caranya

Merawat Ban Mobil dan Motor, Begini Caranya

KabarOto.com - Ban merupakan salah satu komponen paling penting di kendaraan bermotor. Adanya ban, motor dan mobil bisa berjalan di berbagai kondisi jalan dan dengan kecepatan yang di inginkan pengemudinya. Saat ini ada beberapa jenis ban yaitu tubeless dan tube type.

Baca Juga: IRC Ecotrax Perkenalkan 6 Ukuran Ban Untuk Skutik Dan Uderbone

Nah, bagaimana agar menjadi awet dan juga bertahan lama? Zulpata Zainal selaku On Vehicle Test (OVT) PT Gajah Tunggal Tbk, memberi informasi cara merawat ban yang baik dan tidak pernah diketahui oleh pengguna motor.

Pastikan selalu menjaga tekanan angin ban

"Prinsipnya sama untuk perawatan ban motor dan Mobil, yang utama adalah sesuaikan ban yang akan dipakai dengan kendaraan kita. Jangan gunakan ban yang bukan dengan ukurannya," terangnya. Karena juga ukurannya kebesaran atau kekecilan, akan mempengaruhi laju kendaraan dan tidak akan maksimal.

Pastikan untuk ukuran dan kemampuan ban sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrikan kendaraan, misalnya ban motor untuk harian, untuk balapan, untuk off road. "Kalau ban mobil juga disesuaikan kemampuannya, misal buat penumpang, buat angkut barang atau komersial, untuk jalan jelek dan lainnya ," tambah Zul.

Baca Juga: IRC Perkenalkan Ban RMC830 Untuk Balap Dan Harian

Pastikan selalu menjaga tekanan angin ban, sesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan kendaraan. "Untuk muatan kosong atau penuh, harus disesuaikan, cek secara berkala juga tekanan angin dengan alat tekanan angin yang akurat," tutup pria berdarah Sunda tersebut.