POPULAR STORIES

Mercedes-AMG SL 43 Punya Turbo Elektrik? Begini Penjelasannya

Mercedes-AMG SL 43 Punya Turbo Elektrik? Begini Penjelasannya Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Mercedes-AMG SL 43 sudah diluncurkan di Indonesia. Mobil sport dengan atap terbuka itu memiliki detil menarik selain mesinnya yang dibuat One Man, One Engine, yakni tulisan Turbo Electrified di fender-nya. Lalu apakah itu? Yuk kita cari tahu!

Pada dasarnya sistem turbo elektrik dari Mercedes-AMG SL 43 berfungsi untuk mengurangi karakter turbo lag, atau jeda akselerasi, akibat tekanan udara ke yang masuk ke ruang bakar debitnya tidak stabil.

Baca Juga : Mercedes-AMG CLA 45S Tenggak BBM RON 90, Performa Terjaga Berkat TUSS

Sistem turbocharging baru ini dikembangkan oleh Mercedes-Benz dengan Garrett Motion, teknologi ini berasal langsung dari Formula 1. Berbeda dari biasanya, turbo ini dilengkapi motor listrik ramping berukuran sekitar 4 cm terintegrasi langsung antara turbin di sisi knalpot, dan di kompresor di sisi udara masuk.

Motor listrik yang dikontrol secara elektronik ini menggerakkan roda kompresor sebelum menerima aliran gas buang yang menjadi cara kerja turbo pada umumnya. Kecepatan putarannya pun bisa mencapai 170.000 rpm sehingga respon mesin lebih cepat bahkan sejak putaran rendah.

Baca Juga : Mercedes-Benz Rilis EQS SUV, EQS Edition One, Dan AMG SL 43

Mercedes-AMG SL 43 ditenagai mesin M139 4 silinder, DOHC, turbo ganda, berkapasitas 2.000 cc, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal 380 dk dan torsi 480 Nm, disambung ke transmisi otomatis AMG Speedshift MCT (Multi-Clutch Transmission) 9G.

Dengan kombinasi mesin dan transmisi tadi, mobil ini dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam hitungan 4,9 detik dan kecepatan maksimal mencapai 275 kpj.