Mercedes-Benz CL 55 AMG F1 Limited Edition, Masih Jadi Incaran Kolektor

Mercedes-Benz CL 55 AMG F1 Limited Edition, Masih Jadi Incaran Kolektor

KabarOto.com - Perburuan kolektor Mercedes-Benz sepertinya akan terus berlanjut setelah mengingat ada yang spesial sekitar 20 tahun lalu, diperkenalkan oleh Stuttgart dari model seri C 215.

Yup, Mercedes-Benz CL 55 AMG F1 Limited Edition, diperkenalkan pada bulan Mei 2000. Dihadirkan untuk meramaikan musim balap Formula 1 kala itu. Tak diragukan performanya, setara dengan spesifikasi Safety Car yang dikendarai Bernd Mayländer.



Diproduksi saat musim panas tahun 2000 dan pemesan sudah dapat melesatkan sekitar bulan September. CL 55 AMG F1 Limited Edition hanya dibatasi 55 unit dan selesai pemesanan tahun 2001.

Baca juga: Profil Lengkap dan Galeri Lamborghini Huracan Evo RWD Spyder

Seperti diungkapkan di atas, bahwa CL 55 AMG F1 Limited Edition bukanlah mobil biasa. Sebab ada mesin V8 racikan AMG agar kapasitas 5.5L bisa hadirkan tenaga hingga 360 dk pada 5.500 rpm dan torsinya 530 Nm pada 3.150 - 4.500 rpm.



Sayangnya, kecepatan CL 55 AMG F1 Limited Edition dibatasi hanya 250 kpj. Tapi ada yang paling mengagumkan adalah kekuatan cengkeraman kaliper cakram hingga 2.000 hp. Berupa cakram berventilasi terbuat dari fibre-reinforced ceramic dan diapit oleh kaliper delapan piston buatan Brembo.

Bagi penggemar performa, perangkat rem dari Brembo ini jadi perbincangan. Karena material cakram yang digunakan meski lebih ringan 60% dari baja konfensional tapi punya kekuatan konstruksi lebih baik.



Bahkan pembalap F1 McLaren Mercedes juara tahun 1998 dan 1999, Mika Hakkinen, angkat bicara akan keunggulan rem Brembo di CL 55 AMG F1 Limited Edition. "Paling penting dari mobil kencang tak hanya mesin, tapi pengereman."

Pemahaman akan proses produksi rem ini juga dijabarkan oleh Hakkinen. Cakram ini di dibuat di fasilitas Mercedes-Benz di Esslingen-Mettingen. Prosesnya berteknologi tinggi; serat karbin, bubuk karbin dan resin diberi tekanan tinggi dan dibakar hingga 1.000 derajat celcius. Setelah dingin, piringan rem diolah lagi oleh mesin dengan silikon cair. Proses dari karbon tadi akan menyerap silikon dan bereaksi memproduksi keramik.



Cakram tadi terselip di pelek light-alloy 19 inci buatan AMG dengan lebar 8,5 inci di depan dan 9,5 inci di belakang. Ban andalkan profil 255/40 ZR 19 di depan dan 285/35 ZR 19 untuk belakang.

Mengimbangi performa dahsyat dan pengereman andal, perangkat suspensi canggih disematkan mulai dari Active Body Control (ABC). Tak ketinggalan Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Stability Program (ESP).



Mengenali mobil ini melesat, hanya dari warna brilliant silver metallic. Kemudian saat terparkir ada tulisan "F1 Limited Edition" di sayap depan.

Baca juga: Ini Cara Merawat Interior Mobil Saat #DiRumahAja, Simak Videonya!



Ketika membuka pintu akan disapa oleh pendaran cahaya di pintu dan konsol tengah dan ada nomor urut produksi mobil ini. Jok depan dibuat nyaman namun tetap dikemas sporty untuk memastikan tubuh pengendara tak bergeser ketika berbelok tajam.



Logo AMG terbordir indah di kulit perpaduan hitam dan perak, serta kemudi buatan AMG dibalut kulit perforasi. Bertaburan detail serat karbon. Tuas transmisi diberi kombinasi kulit dan serat karbon. Di bagian lantai ditemui karpet berlogo AMG.



Saat dibuka pemesanan CL 55 AMG F1 Limited Edition, Stuttgart menempelkan banderol DM330.000 atau setara Rp2,7 miliar. Terbilang angka fantastis saat itu!

Berita Terkait

Berita Terkait