POPULAR STORIES

Mercedes-Benz Resmi Luncurkan E 350 EQ Boost, Torsinya Gokil Bro!

Mercedes-Benz Resmi Luncurkan E 350 EQ Boost, Torsinya Gokil Bro! Mercedes-Benz E 350 EQ Boost (KO/Edo)

KabarOto.com - Di awal tahun 2019 ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia langsung tancap gas dengan meluncurkan produk terbaru mereka, yakni E 350 EQ Boost untuk pasar Indonesia.

Sedan terbaru merek asal Jerman tersebut, diklaim memiliki kemampuan performa yang lebih baik, tenaga lebih besar, namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar, serta ramah lingkungan karena memiliki tingkat emisi yang rendah.

"Mesin ini melangkah menuju performa yang sebelumnya menjadi wilayah mesin 6 silinder kapasitas tinggi kami, namun dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih ekonomis," ujar Roelof Lamberts, President & CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mesin bertenaga namun irit bahan bakar

E 350 EQ Boost menggunakan mesin M 264, berkonfigurasi 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.991 cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 299 dk pada putaran mesin 5.800-6.100 rpm dan torsi sebesar 400 Nm pada putaran mesin 3.000-4.000 rpm.

Baca Juga: Canggihnya SUV Varian Terbaru Mercedes-Benz

Sesuai namanya, tambahan tenaga juga disumbang oleh fitur Boost. Fungsi ini dapat meningkatkan pembakaran pada rentang putaran mesin hingga 2.500 rpm, dengan output tambahan hingga 10 kW dan torsi 150 Nm dari motor listriknya.

Tenaga dan torsi yang terbilang cukup besar tersebut, lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 9 percepatan 9G-TRONIC. Untuk kemampuan akselerasinya, E 350 sanggup berlari dari posisi diam hingga kecepatan 100 kpj, hanya dalam waktu 5,9 detik.

Secara model, tak banyak berbeda dengan saudaranya yang lain

Bila pengemudi masih memiliki adrenalin lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, sedan mid size pabrikan berlogo bintang tersebut dapat melesat hingga kecepatan maksimum yang dibatasi secara elektronik di angka 250 kpj.

Tenaga besar yang dihasilkan mesin tersebut, dapat tercipta salah satunya berkat penggunaan turbocharger twin-scroll yang berbeda dengan sistem konvensional. Dimana pada mesin E 350 EQ menggabungkan saluran gas buang dari pasangan silinder dengan optimasi aliran pada manifold.

Interior terlihat mewah, ciri khas sebagai sedan mewah

Konsep turbocharging dengan pemisahan aliran silinder sistematis ini lah, yang menghasilkan torsi tinggi dalam kisaran rpm rendah.

Baca Juga: Wah, 3 Unit Mobil Mewah Selundupan Berhasil Terciduk Di Batam

Inovasi teknologi terbaru seperti EQ-Boost starter-Generator, sistem kelistrikan 48Volt on-board dan filter partikulat untuk mesin bensin berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi mesin. Hasilnya, E 350 EQ Boost mencapai konsumsi bahan bakar (gabungan) hingga 1:14 km/l, dengan emisi gabungan CO2 sebesar 156-153 g/km.

Untuk pasar Indonesia, mobil yang diproduksi di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor ini dipasarkan dengan harga Rp 1.499.000.000 off-the-road.