POPULAR STORIES

Mercedes-Benz Vision EQXX Bisa Tempuh 1.000 Km!

Mercedes-Benz Vision EQXX Bisa Tempuh 1.000 km! Foto: Mercedes-Benz

KabarOto.com - Mobil listrik masa depan tengah ditunjukkan kemampuannya oleh Mercedes-Benz. Adapun Mercedes-Benz Vision EQXX melakukan pengujian langsung di daratan Eropa untuk mengetahui jarak tempuh dan efisiensinya secara nyata.

Adapun jalur yang dipakai start di Sindelfingen dan finis di Cassis di Côte d'Azur menempuh lebih dari 1.000 km, skenario dalam lalu lintas harian untuk sekali pengisian baterai. Pengujian dilakukan saat kondisi hujan dan dingin dengan kecepatan lazimnya di jalan raya, termasuk melakukan laju di kecepatan 140 kpj di autobahn alias jalan tol Jerman hingga mendekati kawasan speed limit.

Baca juga: Mercedes-Benz Vision EQXX Punya Keunggulan Masa Depan Mobil Listrik

Start perjalanan dari Electric Software Hub di Mercedes Technology Center (MTC) di Sindelfingen

Diyakini perjalanan tersebut masih menyisakan 15% baterai atau masih bisa menempuh jarak 140 km lagi. Adapun konsumsi energi baterainya sangat irit, mencapai 8,7 kWh tiap 100 km. Total tempuhnya mencapai 1.008 km. Total tempuh perjalanan 12 jam 2 menit dengan mobil bergerak 11 jam 32 menit.

Dilakukan segel untuk memastikan EQXX bisa menempuh jarak lebih dari 1.000 km

Melalui pengujian ini Vision EQXX sekaligus membuktikan efisiensi di level tertinggi mobil listrik, penggunaan di kondisi sesungguhnya dan pembuktian secara independen. Berkendara jarak jauh ini juga dilakukan dengan menyegel soket pengisian baterai dan disaksikan oleh bada bersertifikasi TÜV Süd.

Melakukan pemantauan energi yang dipakai Mercedes-Benz EQXX

“Akhirnya kami bisa melakukannya! Melaju lebih dari 1.000 km dengan sekali pengisian baterai dan konsumsi hanya 8,7 kWh/100 km dengan kondisi lalu lintas sebenarnya,” ujar Ola Källenius, Chairman of the Board of Management of Mercedes-Benz Group AG.

Dirinya menambahkan bahwa Vision EQXX merupakan mobil Mercedes paling efisien yang pernah dibuat. Program teknologi yang melatarinya menandai tonggak sejarah dalam pengembangan mobil listrik. “Ini mendukung tujuan strategis kami untuk unggul dalam kendaraan listrik,” tegas Ola.

Melintasi jalur jalan raya pegunungan Alpen

Oh iya, rute yang dilewati oleh Vision EQXX ini sangat beragam, mulai dari jalan raya dan kondisi cuaca. berangkat dari pusat R&D di Sindelfingen dekat Stuttgart dalam cuaca dingin, temperatur start hingga finis dari 3 ke 18 derajat Celcius. Bagian utara pegunungan Alpen ada hujan ringan hingga ke selatan dan angin sepoi-sepoi dengan terpaan hangat mentari.

Melesat mulus saat kecepatan 140 kpj, Vision EQXX hanya memiliki hambatan angin 0,17 cd. Kendaraan yang memang road legal, membuat laju mobil bagaikan tetesan air yang jatuh berkat tatanan aerodinamika terbaik. Diffuser belakang secara otomatis mengembang saat 60 kpj.

Baca juga: Mercedes-Benz GLC, Pengujian di Tempat Paling Extrem

Melintasi beberapa negara di Eropa

Didukung ban Bridgenstone yang memiliki hambatan gulir 4,7, dibuat khusus untuk mobil listrik ini. Profil ban Turanza 185/65 R20 97 T. Memiliki teknolkogi Enliten membuat hambatan gulir lebih rendah dan bobot lebih ringan 20 persen dari ban serupa digunakan oleh EQS.