Mercedes Bersinar Di Suzuka, McLaren-Honda Masih Terpuruk

 Mercedes Bersinar di Suzuka, McLaren-Honda Masih Terpuruk Hamilton kemudian disusul oleh rekan setimnya, Nico Rosberg yang berhasil finish ke-2 dan diikuti pebalap Ferrari, Sebastian Vettel yang meraih podium ke-3 (Foto: Formula1)

Lewis Hamilton akhirnya menyamai rekor jumlah kemenangan balapan Ayrton Senna dengan meraih podium pertama ke-41 kali serta meraih kemenangan 3 kali berturut-turut di sirkuit Suzuka sejak tahun 2013. Hamilton kemudian disusul oleh rekan setimnya, Nico Rosberg yang berhasil finish ke-2 dan diikuti pebalap Ferrari, Sebastian Vettel yang meraih podium ke-3 dengan selisih catatan waktu masing-masing 18 dan 20 detik dibelakang pebalap asal Inggris tersebut.

Sementara itu poin klasemen pebalap di posisi ke-4 hingga 10 pada balapan di Suzuka kali ini diraih oleh Kimi Raikkonen (Ferrari), Valtteri Bottas (Williams), Nico Hulkenberg (Force India), Romain Grosjean dan Pastor Maldonado (Lotus), serta dua pebalap Toro Rosso, Max Verstappen dan Carlos Sainz Jr. Bagi pebalap McLaren-Honda, balapan di rumah kedua mereka dirasa mengecewakan karena hanya mampu meraih finish di posisi ke 12 dan 16 dan menyebutkan tidak ada hal yang bisa dinikmati saat balapan. Demikianlah yang dituturkan oleh Fernando Alonso usai balapan.

"Tentu saja membuat frustrasi bila pebalap lain bisa menyalip Anda di jalur lurus dan saat anda berada di tikungan dan melihat mereka mengerem lambat serta membuat kesalahan–Anda bisa menikung dengan sempurna untuk meraih waktu tercepat dan mendahului mereka, tapi pada akhirnya Anda kembali disalip oleh mereka di jalur lurus." lanjut pebalap asal Spanyol tersebut.

Seperti yang dikutip dari formula1.com, sementara Jenson Button menambahkan, dirinya tidak bisa melakukan apapun untuk mencegah mobil lain menyalip dirinya. Iya, mereka lebih cepat dijalur lurus.

"Kami hanya bisa melakukan yang terbaik dan tetap fokus dan hal itu sungguh sulit sebagai pebalap, namun saya pikir di kesempatan berikutnya akan lebih positif, hanya saja akhir musim ini akan sangat menyakitkan," ungkapnya.

Kembali ke peringkat 10 besar, statistik balapan di Suzuka tidak hanya didominasi oleh Hamilton. Tercatat pada balapan di Jepang tahun ini Nico Rosberg lebih banyak meraih finish di posisi ke-2 dibandingkan 2 musim balap lalu, Selain itu Sebastian Vettel juga lebih banyak meraih finish di posisi ke-3 pada tahun ini dan 7 podium berturut-turut dalam posisi finish 3 besar yang mendekati rekor Michael Schumacher yang mencatatkan 9 podium finish 3 besar di sirkuit milik Honda tersebut.

Untuk tim Lotus dan Toro Rosso, balapan di Suzuka kali ini merupakan keberhasilan kedua kalinya bagi mereka dalam menyelesaikan lomba dan meraih poin bagi kedua pebalap masing-masing tim dalam musim balap 2015.

Baca Juga: