POPULAR STORIES

Mesin 2 Silinder Masih Jadi Pilihan Ducati Di Motor Barunya

Mesin 2 Silinder Masih Jadi Pilihan Ducati di Motor Barunya

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Italia, yaitu Ducati. Baru-baru ini kembali menambah line up motornya. Kali ini yang diluncurkan oleh Ducati adalah, varian motor sport fairingnya yaitu Panigale V2.

Sejak dahulu, Ducati memang terkenal dengan desain yang sporty dan gahar. Namun, Ducati juga terkenal dengan desain mirip-mirip. Antara satu tipe, dengan tipe lainnya.

Seperti Ducati Panigale V2 ini. Secara tampilan, Ducati Panigale V2 ini terlihat sangat mirip dengan Panigale V4. Namun, secara dimensi terlihat lebih ramping. Beberapa detail-detail Ducati Panigale V2 juga terlihat berbeda dengan Panigale V4.

Namun, untuk tampangnya Panigale V2 ini benar-benar mirip dengan V4. Dengan lampu depan LED berdesain dinamis. Berpadu dengan air intake, yang juga terletak satu bagian dengan lampu. Sehingga menghasilkan desain yang tajam dan agresif.

Baca juga: Test Ride Ducati Scrambler Sixty2 400 - Lincah Untuk Digunakan Harian

Turun ke bagian kaki-kaki depannya. Kaki-kaki depan motor ini menggunakan pelek berukuran 17 inci. Pelek ini menggunakan desain multipalang, dengan lebar 3,5 inci. Bagian pelek ini dibalut dengan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II, berukuran 120/70. Sementara untuk bagian sokbreker depannya, sudah menggunakan model upside down. Berukuran 43 mm besutan Showa BPF. Untuk bagian pengeremannya, motor ini sudah menggunakan model dua kaliper Brembo M4.32 monobloc.

Dilihat dari samping motor Italia ini terlihat semakin gahar, sporty dan aerodinamis. Dengan fairing model double layer. Desain fairing ini, juga masih mirip dengan Panigale V4. Meskipun ada sedikit perbedaan bentuk, di bagian lekukan-lekukannya.

Ducati Panigale V2 ini juga hadir dengan rangka yang minimalis. Rangka ini juga langsung tersambung ke mesin. Sehingga bentuk mesinnya semakin menonjol. Desainnya juga menjadi lebih sporty. Bagian knalpotnya juga menggunakan model underbelly. Jadi terletak di bagian bawah fairing.

Hal lain yang berbeda di Ducati Panigale V2 ini adalah bagian joknya. Busa jok motor ini telah ditambah 5 mm. Ducati mengklaim penambahan busa jok ini, dapat meningkatkan kenyamanan Ducati V2.

Untuk bagian kemudinya, Ducati Panigale V2 ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur. Seperti misalnya Riding Modes (Race, Sport, Street), Power Modes, Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control EVO, dan Ducati Quick Shift EVO 2. Fitur-fitur ini dapat dikontrol melalui tombol-tombol di setang, dan layar full colour TFT berukuran 4,3 Inci.

Ke bagian belakang dari motor ini. Bagian buritannya tidak kalah gahar dengan bagian depan dan sampingnya. Bagian lampu belakangnya menggunakan model sipit dan tajam. Dengan aksen berupa lubang udara di bagian buritannya.

Untuk bagian kaki-kaki belakangnya, juga dibuat dengan sporty oleh Ducati. Bagian lengan ayunnya menggunakan model single arm. Berpadu dengan suspensi dari Sachs. Untuk pelek belakangnya menggunakan pelek model multipalang. Dengan ukuran ring 17 lebar 5,5 inci. Pelek ini dibalut dengan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II berukuran 180/60.

Baca juga: Modifikasi Yamaha MT-10 2018 Bikin Lebih Sangar

Yang paling menarik dari motor Ducati terbaru ini tentu saja mesinnya. Sesuai namanya, Panigale V2. Motor ini menggunakan mesin 2 silinder berkonfigurasi V Twin. Dengan kemiringan sudut 90 derajat, khas Ducati. Mesin ini berkapasitas 955 cc.

Meskipun mirip dengan mesin 959 cc milik Ducati Panigale generasi sebelumnya. Mesin V2 955 cc superquadro ini, tetaplah mesin yang berbeda dengan mesin 959. Dengan tenaga yang lebih besar 5 dk, dan torsi 2 dk lebih besar.

Mesin Ducati Panigale V2 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 155 dk @ 10.750 rpm. Dengan torsi maksimal di angka 104 Nm @ 9.000 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Yang sudah dilengkapi dengan fitur Ducati Quick Shift up/down EVO 2. Selain itu, juga ada fitur-fitur tambahan di mesin ini. Seperti misalnya bagian injektornya. Mesin ini sudah menggunakan dua buah injektor per satu silindernya.

Motor ini baru saja diluncurkan pada Ducati World Premiere 2020, Oktober lalu. Untuk harganya sendiri, dibanderol lebih murah dibanding panigale V4. Yaitu seharga USD 16.459 , atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 231 Juta.

Wah, semoga saja motor ini masuk ke Indonesia ya. (Gregorius Nikolaus.P)