POPULAR STORIES

Mesin Mobil Turbo Dan Direct Injection Sebaiknya Pakai Oli API SP

Mesin Mobil Turbo dan Direct Injection Sebaiknya Pakai Oli API SP Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Banyak oli mobil di pasaran, standar oli sudah mencapai API SP. Dimana spesifikasi sudah diformulasikan dan menjadi standar untuk mesin mobil modern dari naturally aspirated, direct injection, hingga turbo.

Di pasaran masih sangat banyak beredar oli yang standarnya SN, padahal standar itu berlaku pada tahun 2010, atau ada lebih bagus sedikit ada SN Plus berlaku sampai 2018. Paling baru adalah SP dikeluarkan sebagai standar pada tahun 2020.

Apalagi mobil bermesin turbo, lalu direct injection itu bisa menyebabkan ngelitik atau knocking, sebab di dalam mesin tidak terjadi pelumasan yang sempurna, dan meminimalisir kerusakan struktur oli karena Low Speed Pre-Ignition (LSPI).

"Oli mobil zaman sekarang seharusnya sudah berstandar API SP. Tapi masih banyak beredar itu SN atau SN Plus kita terlambat 3 tahun," ujar Arief Hidayat selaku pendiri dan CEO Wealthy Group.

Oli dengan standarisasi API SP memiliki perlindungan dari sludge atau lumpur lebih baik, lalu memperpanjang umur timing chain, serta perlindungan terhadap gesekan, sehingga terhindar dari keausan mesin yang lebih baik.