POPULAR STORIES

Meski Penjualan Terus Menurun, Dua APM Motor Ini Tidak Akan Mematikan Bebek

Meski Penjualan Terus Menurun, Dua APM Motor Ini Tidak Akan Mematikan Bebek

KabarOto.com - Hadirnya motor skutik yang mencuri perhatian masyarakat Indonesia membuat penjualan motor bebek turun drastis. Motor skutik dianggap cukup simple digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Meski penjualan terus menurun, namun Agen Pemegang Merk (APM) sepeda motor di Indonesia tidak lantas menghentikan produksi motor bebek, tetap memproduksinya, karena mereka beranggapan jika bebek masih memiliki segmen tersendiri.

Motor segmen bebek masih penjualannya masih diminati di luar daerah Jakarta. Dengan kondisi jalan dan alam yang berbeda dengan ibu kota membuat motor bebek masih memiliki kemampuan yang tidak dimiliki skuter matik.

Baca Juga: Ekspor Sepeda Motor Suzuki Melonjak, GSX Series Paling Diminati

Salah satu APM yang masih menjual motor bebek adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Pabrikan pembuat Suzuki Satria dan Smash ini mengakui jika sebagian masyarakat Indonesia masih menggemari motor bebek, karena memiliki kemampuan dan karakter tersendiri. Itu kan artinya pasar masih ada, kenapa kita harus hentikan," papar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, epanjang Januari sampai April 2019 lalu, PT SIS membukukan penjualan sebanyak 38.000 unit. "Dari jumlah tersebut, motor bebek masih memberi sumbangan penjualan yang cukup lumayan," terangnya. Namun dia tidak hafal angka persisnya, dan menurutnya demand masih banyak dan cukup lumayan.

Produsen motor sayap mengepak Honda pun mengaku masih mempertahankan segmen bebek. Hal itu disamoaikan Thomas Wijaya Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Thomas, dalam rentang waktu Januari sampai April 2019 lalu pangsa pasar motor bebek Honda memang menciut hanya 5-6% dari total penjualan Honda sebanyak 1,7 juta unit. Padahal menurutnya pada periode yang sama tahun 2018 lalu, masih menyumbang 7%.

Baca Juga: Ekspor Motor Honda Melonjak Tajam Di Triwulan Pertama

Namun Thomas menilai jika pangsa pasar masih ada. Sama seperti Yohan, Thomas pun beranggapan jika segmen bebek masih diminati karena memiliki ciri khas dan karakter. Honda un tidak akan menghentikan produksi atau mematikan bebek.