Messerschmitt Hidupkan Kembali Microcars 3-Roda Klasik

Messerschmitt Hidupkan Kembali Microcars 3-Roda Klasik

KabarOto.com - Untuk menghidupkan kerinduan akan mobil klasik di Jerman, Messerschmitt menjadi salah satu kendaraan yang akan kembali dibuat. Namun mobil berukuran mungil ini akan menyesuaikan perkembangan zaman, dilengkapi dengan tenaga listrik.

Messerschmitt dibuat untuk menjawab pertanyaan soal mobil mikro ini, menggunakan mesin kecil. Namun ternyata diluncurkan dengan varian gas dan listrik pada mobil mini model roadster berbobot ringan tersebut.

Model desain mobil 3 roda ini mengikuti bentuk dari Kabinenroller asli lansiran tahun 1950 dan 1960-an.

Baca juga: AC Cobra Kembali Lahir, Kini Gunakan Tenaga Listrik dan Mesin Mustang

Setelah proyek awal Veloschmitt berakhir dengan masalah keuangan, kepala proyek Achim Adlfinger mengejar penerus dengan tim baru, memulai debutnya sebagai KR 25-E pedal-assist velomobile pada tahun 2019. Pada bulan-bulan berikutnya, Adlfinger mengamati dengan cermat keinginan untuk kendaraan kecil yang efisien.

Adlfinger menggunakan masa lockdown akibat pandemik Covid-19 untuk mengembangkan mobil mikro bertenaga penuh, diberi nama KR-202 Sport dan KR-E5000.

KR merupakan arti dari Kabinenroller, dikembangkan dari model asli Messerschmitt Kabinenroller (KR) roda tiga kecil dengan fairing penuh dan mesin sederhana. Namun untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka menggunakan bahan dan teknologi otomotif terbaru, Messerschmitt Werke dari Adlfinger memproduksi skuter kabin modern yang terinspirasi dari KR-200 Sport yang beratnya bahkan lebih ringan dari aslinya.

Kedua model Messerschmitt baru menampilkan hasil bodi yang terbuat dari bahan fiberglass di atas baja galvanis, dengan sasis aluminium. Kaca depan Perspex disertakan, tetapi karena desain roda tiga yang baru didasarkan pada roadster terbuka KR-200 Sport asli, hardtop kubah adalah opsional.

Di dalam pintu masuk penguncian swing-up, masing-masing KR dilengkapi dengan sepasang kursi berikat yang diletakkan bersama-sama dan kokpit sederhana dengan pengukur, setir gaya F1, dan rem tangan. Ada juga port pengisian USB dan kompartemen penyimpanan di bawah kap.

Sistem pengereman menggunakan cakram hidraulik pada dua roda depan dan satu roda belakang, sementara sistem suspensi dengan peredam pegas yang dapat disetel.

Baca juga: Classic Recreations Bangun Ford Mustang GT500CR Bertenaga 800 Daya Kuda!

KR-E5000 memiliki output 6,7 dk (5.000 watt) yang sangat mirip dan kecepatan tertinggi 90 kpj berkat motor magnet permanennya. Namun, jangkauannya menurun hingga 80 km melalui baterai lithium-besi-fosfat 1,4 kW kecil yang mengisi daya dalam 4 hingga 6 jam. Pembeli dapat menggandakan kisaran itu dengan menambahkan baterai kedua opsional.

Roadster elektrik satu baterai ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada varian gas, dengan bobot siap pakai yang diperkirakan mencapai 195 kg. Menurut daftar spesifikasi dari The Bruce Weiner Microcar Museum, Messerschmitt KR-200 Sport asli berbobot 230 kg, lebih berat daripada varian reborn ini.

Memiliki kelengkapa seperti hardtop yang disebutkan, pemanas listrik dua tahap, radio AM/FM/Bluetooth, dan rak bagasi krom.

Messerschmitt Werke memulai produksi model terbarunya di Spanyol awal tahun ini. Saat ini menawarkan KR-202 Sport dengan harga khusus mulai dari US$13.200 (sekitar Rp 191 juta) dan KR-E5000 Sport mulai dari $15.600 (Rp 225,6 juta), sebelum PPN dan Rp 12 juta biaya pengiriman Eropa.