POPULAR STORIES

AC Cobra Kembali Lahir, Kini Gunakan Tenaga Listrik Dan Mesin Mustang

AC Cobra Kembali Lahir, Kini Gunakan Tenaga Listrik dan Mesin Mustang AC Cobra Elektrik (Motor 1)

KabarOto.com - Seorang petrol head sejati, pasti kenal dengan merek mobil legendaris, AC Cobra. Mobil yang diproduksi AC Cars asal Amerika Serikat tersebut, sempat tenar pada rentang waktu 1950 sampai 1960an.

Setelah beberapa tahun 'mati suri', kini AC Cars berencana mengidupkannya kembali (reborn). Namun, mobil sport dengan atap terbuka itu akan menggunakan sumber tenaga penggerak baru, diklaim lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Ban Motor Punya Masa Kedaluwarsa, Cek Bagian Ini Sebelum Membeli

Menariknya, AC Cobra reborn tak akan lagi menggunakan mesin V8 berkapasitas besar, seperti pendahulunya. Sebagai gantinya, AC Cars akan menggunakan motor listrik yang selain ramah lingkungan namun memiliki tenaga tak kalah besar.

Rencananya, AC Cobra terbaru akan tersedia dalam dua versi, yakni AC Cobra Series 1 Electric dan AC Cobra 140 Charter Edition. Menariknya, jumlah produksi akan dibatasi masing-masing hanya 58 unit.

"Sesuai namanya, Seri 1 Electric adalah model yang sepenuhnya listrik, dan sumber tenaganya dibangun di atas arsitektur rangka tangga asli Cobra," ujar CEO AC Cars, Alan Lubinsky.

Eksterior dan interior masih mirip aslinya

Lebih lanjut ia menjelaskan, karena menggunakan power train yang berbeda, pihaknya telah melakukan adaptasi di seluruh sasis untuk mengakomodasi baterai, dan komponen lain, seperti sistem kemudi, rem dan suspensi.

Sehingga, kinerja seluruh komponen tersebut dapat saling mendukung dan meningkat. Motor listriknya sendiri mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 kW atau setara 313 dk dan torsi puncak 500 Nm.

Memiliki tenaga besar, membuat mobil jenis roadster berbobot 1.250 kg tersebut sanggup berlari dari nol hingga 100 kpj dalam waktu 6,7 detik. Bila baterai terisi penuh, AC Cobra Electric bisa menempuh jarak 240 km.

"Bodi mobil akan dibuat dari fiber glass berkualitas tinggi, dan kabin akan tetap mengikuti bentuk aslinya," tutur Alan.

Baca Juga: Semua Bisa Jadi Pembalap Mobil Honda, Mudah Caranya!

Sementara itu, AC Cobra 140 Charter Edition disebut akan menggendong mesin bensin EcoBoost empat silinder 2.300 cc milik Ford Mustang.

Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 355 dk dan torsi 440 Nm. Alan menambahkan, ide kembalinya AC Cobra ini merupakan masukan dari konsumen setianya.

"Kisah panjang kami mencerminkan banyak tantangan membuat mobil sport dalam volume rendah di dunia modern. Namun, kami telah ditopang oleh kesetiaan dan dukungan dari pemilik AC Cobra di seluruh dunia," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkait