POPULAR STORIES

MG ZS EV Rakitan Cikarang Bakal Diekspor Ke Australia

MG ZS EV Rakitan Cikarang Bakal Diekspor ke Australia MG ZS EV (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - MG ZS EV dan MG4 EV telah dirakit lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Nantinya, salah satu dari dua mobil listrik ini bakal diekspor ke Australia pada akhir tahun 2024.

Menurut keterangan Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan bahwa sebagai permulaan akan mengekspor MG ZS EV ke Australia. Sedangkan MG4 EV masih fokus untuk pasar lokal, mungkin ekspornya menyusul tahun depan.

"MG ZS EV lebih dulu di ekspor pada kuartal keempat tahun ini. Untuk MG4 EV masih fokus untuk pasar lokal," ungkap Arief di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Dirakit Lokal Di Cikarang, Harga MG4 EV Turun Hingga Rp 200 Jutaan

MG ZS EV dan MG4 EV bakal diekspor ke Australia

Selain Australia, MG Motor juga mengincar pasar Filipina dan Vietnam. Meskipun untuk kawasan Asia Tenggara sudah dipenuhi oleh pabrik di Thailand, tapi ada beberapa model yang terpenuhi kebutuhannya.

"Intinya, kami menargetkan 30 persen dari seluruh kapasitas produksi MG Motor di Indonesia itu dialokasikan untuk kebutuhan ekspor," jelas Arief.

Arief yang sempat mengunjungi pabrik MG Motor di Thailand menjelaskan bahwa betapa pentingnya pasar mereka di Australia. Sebab, di sana penjualannya terus tumbuh.

Baca Juga: Harga Resmi MG4 EV Dan New ZS EV Rakitan Cikarang, Jawa Barat

"Penetrasi di Australia luar biasa. Sold car di sana mencapai 50-60 ribu. Memang kita bisa untuk ekspor kesana. Dari pemerintah juga mendorong untuk pemenuhan market di Indonesia dan ekspor," tambah Arief.

Sebagai informasi, Pabrik MG di Cikarang merupakan anak perusahaan dari SAIC Motor International. Kapasitas produksinya mencapai 100.000 unit per tahun, di mana 60 persennya merupakan mobil listrik.