POPULAR STORIES

Michelin Mulai Tinggalkan Plastik Untuk Membungkus Ban

Michelin Mulai Tinggalkan Plastik untuk Membungkus Ban

KabarOto.com - Michelin, produsen ban asal Perancis tidak akan lagi menggunakan plastik untuk membungkus ban mobil dan motor. Hal itu ditegaskan oleh Head of Consumer and Marketing Product PT Michelin Indonesia, Rosalina Kartika.

Rosalina menuturkan niatnya tersebut dihadapan media. "Niat kami hanya ingin mengedukasi konsumen untuk tidak menggunakan plastik, karena pembungkusan yang tidak dengan menggunakan plastik tidak mempengaruhi nilai keamanan dan kualitas ban itu sendiri," terangnya di Jakarta.

Baca Juga: Michelin Akan Produksi Ban Motor Di Pabrik Multistrada Cikarang

PT Michelin Indonesia nantinya akan menerapkan hal itu kepada semua jenis dan tipe ban, tujuannya agar sampah plastik yang ada di Indonesia menjadi berkurang. "Saat ini untuk ukuran 13 dan 14 inci masih dibungkus dengan plastik," terangnya. Namun dia memastikan ke depannya tidak pakai plastik untuk membungkus ban.

Sementara hanya ban dengan ukuran 13 dan 14 inci saja yang dibungkus plastik

Dia menambahkan, di luar negeri ban baru tidak dibungkus dengan plastik, karena sesuai dengan aturan lingkungan di negara masing-masing. "Pada dasarnya plastik tidak bisa terurai, sehingga membahayakan lingkungan," tambahnya.

Sementara itu kita ketahui, banyak pabrikan ban lokal yang masih menggunakan plastik untuk membalut produk-produk barunya. Apakah langkah Michelin ini bakal diikuti oleh pabrikan ban lain?

Memasuki tahun 2020 ini, PT Michelin Indonesia sudah mulai memproduksi ban sepeda motor untuk kebutuhan domestik dan juga ekspor di pabrik PT Multistrada Arah Sarana Tbk yang berlokasi di Cikarang Timur, Jawa Barat.

Steve Vette, Presiden Direktur Michelin Indonesia di Jakarta mengatakan, saat ini sudah produksi ban Michelin untuk kendaraan roda dua di pabrik Multistrada. "Kami akan fokus di pabrik tersebut, terangnya.

Baca Juga: Michelin Luncurkan Ban Baru, Pilot Sport 4 SUV

Pabrik itu juga menurutnya akan digunakan untuk memproduksi ban kendaraan roda empat. Namun dia tidak menyebutkan pastinya kapan akan terealisasi.