Minat Beli Motor Seken, Beberapa Hal Ini Wajib Diperhatikan

Minat Beli Motor Seken, Beberapa Hal Ini Wajib Diperhatikan Buat sebagian orang yang enggan atau tak sanggup beli motor baru, motor seken atau bekas bisa jadi alternatif (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Buat sebagian orang yang enggan atau tak sanggup beli motor baru, motor seken atau bekas bisa jadi alternatif. Harga yang relatif murah jadi alasan utama membeli motor bekas atau seken.

Hanya saja, jika membeli motor bekas memang kita diwajibkan harus lebih teliti dalam mengeceknya. Meskipun saat membeli, si penjual memastikan motor dalam kondisi baik dan sehat namun bukan berarti motor tersebut bebas perawatan.

Budi, pemilik bengkel JMS mengamini pernyataan tersebut. "Bahwa kondisi di lapangan, tak semua komponen motor benar-benar siap pakai. Setelah melakukan pemeriksaan, rata-rata motor 'sehat' pun diwajibkan untuk segera mengganti beberapa komponen," jelasnya.

Lantas apa saja komponen yang dimaksud?

1. Busi

Komponen ini memiliki pengaruh besar pada performa motor. Tapi rata-rata, banyak orang yang justru lebih suka mengakali busi dengan cara mencuci, mengatur ulang kerenggangan bagian ground dan elektrodanya.

Cara ini memang cukup efektif untuk memaksimalkan sistem pengapian, tapi alangkah baiknya untuk menghindari repot di jalan, lebih baik ganti saja busi motor dengan yang baru.

"Jangan lupa juga untuk memilih busi yang berkualitas," tandas pria berkumis itu.

Baca Juga: Karburator Motor Anda Sering Banjir? Ini Masalahnya

2. Oli

Sebelum dijual, beberapa penjual terkadang akan mengganti oli tersebut dengan yang baru. Tapi yang jadi masalah, bagaimana dengan kualitas olinya. Jangan-jangan dia gunakan oli curah.

Ini belum termasuk risiko pedagang nakal yang kerap mencampurkan oli dengan stempet atau gemuk dan kenakalan lainnya.

Jika bisa membedakan mana oli berkulitas baik dan mana oli oplosan, maka periksa bagian ini dan pastikan oli yang digunakan berkualitas.

Tapi jika tidak bisa membedakannya, sebaiknya langsung saja ganti oli motor dengan merek oli yang dipercaya.

3. Kampas Rem

Saat membeli motor bekas, biasanya pembeli hanya fokus kepada fungsi rem saja, sangat jarang mereka memperhatikan kondisi kampasnya.

Padahal kampas merupakan bagian terpenting dari sistem pengereman dan harus diperhatikan dengan sangat serius. Maka sebaiknya segera lakukan penggantian kampas jika telah habis.