Mini Cooper RWD V8 Jalani Debut Di Goodwood Festival 2021

Mini Cooper RWD V8 Jalani Debut di Goodwood Festival 2021

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Inggris, Mini dikenal memiliki nuansa go-kart dan dinamika yang membuatnya asik untuk dikendarai.

Tetapi, untuk mencari suasana baru dengan menggunakan mesin V8 dan konfigurasi penggerak roda belakang. Proyek hasil karya Powerflex ini pun debut di Goodwood Festival of Speed 2021.

Baca Juga : Hanya 10 Unit, MINI Paddy Hopkirk Dijual Di Indonesia Rp835 Juta

Mobil ini disebut sebagai “Vini” Powerflex V8 Mini ini merupakan sebuah proyek gila yang membutuhkan waktu empat tahun membangunnya. Vini disematkan mesin BMW S65 4.000 cc V8 yang mampu menghasilkan tenaga 420 dk dengan torsi 400 Nm.

Tenaga tersebut disambung ke transmisi otomatis kopling ganda. Secara mengejutkan, pihak modifikasi mampu mengubah struktur ruang mesin Mini yang hanya mampu menampung unit mesin empat silinder yang melintang. Untuk mengadopsi mesin V8 itu, struktur ruang mesin penyekat Mini harus diperkuat dan dikerjakan ulang.

Konon, mesin dan diferensial belakang kini berada di atas subframe Subaru Impreza STI yang dimodifikasi, dan semuanya dipasang dan dimediasi oleh poliuretan Powerflex.

Suspensi Strut MacPherson juga dipesan lebih dahulu, dan diamankan dipasang terlebih dahulu sebelum memasang mesin. Hebatnya lagi, pihak Powerflex tidak melakukan modifikasi di bagian interior. Kecuali, bagian flare fender lebih lebar dan perubahan emblem yang kini bertuliskan Vini.

Bagian interior, kini nuansanya seperti mobil balap, dengan penggunaan sasis tambahan, kursi model bucket dengan sabuk pengaman 3 titik, serta penggunaan instrumen kluster dan head unit mobil balap.

Tentu, Powerflex tidak mengerjakan mobil ini sendirian, mereka berkolaborasi bersama ED Motorsport, Litchfield Motors, Alcon, Tilton Engineering, Bilstein UK, Forge Motorsport, serta Goodridge yang tergabung dalam anggota Performance Automotive Aftermarket Association Inggris.

Baca Juga : London Electric Cars Ubah MINI Klasik Jadi Mobil Listrik

Tidak hanya itu, Aero Tec Laboratories (ATL), ITG, Cobra Seats, Lifeline, Racelogic, Syvecs, Aim Tech, dan Braid ikut mendukung membangun proyek gila ini.

Vini RWD V8 ini akan tampil dalam Goodwood Festival of Speed 2021 yang berlangsung dari 8-11 Juli 2021. Pameran tahunan ini juga menampilkan mobil-mobil balap bersejarah sudah terselenggara sejak 1993 di tempat yang sama.