Ini Hasilnya Ketika MINI Jadul Dicekoki Mesin Honda Civic Type R Turbo

Ini Hasilnya Ketika MINI Jadul Dicekoki Mesin Honda Civic Type R Turbo Modifikasi ini membuat tenaga mesin menjadi 360 Dk (Foto: SS Youtube)

KabarOto.com - Para penggemar kecepatan biasanya tidak haram melakukan engine swap, meskipun mesin tersebut tidak semerek.

Seperti pada Mini Classic ini, yang melakukan ritual engine swap dengan mesin Honda Civic Type R generasi pertama (EK9), ditambah turbo.

Dijelaskan jika pemilik Mini Classic ini mengawalinya dari mesin B16 naturally aspirated dengan tenaga kisaran 200 Dk, seperti dikutip dari carscoops. Namun doi sepertinya kurang puas, yang akhirnya ditambahkan turbo agar bisa mendapatkan tenaga yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Profil - MINI Countryman Rakitan Lokal

Penambahan turbo menyebabkan harus menyesuaikan bagian lainnya, apalagi mengingat Mini Classic memiliki engine bay yang sempit. Tidak heran, jika perangkat turbo terlihat jelas dilokasikan di depan gril.

Pemilik Mini Classic ini juga sudah mengganti piston pada mesin dengan bahan yang lebih kuat, termasuk injektor yang sanggup mengalirkan bahan bakar hingga 750 cc. Dijelaskan jika modifikasi ini membuat tenaga mesin melonjak jadi 360 dk, dan tetap dikirimkan hanya ke roda depan.

Kabarnya, modifikasi yang dilakukan pada Mini Classic ini bukan hasil final. Faktanya, pemilik masih ingin meng-upgrade mesinnya dengan target tenaga 500 dk, dan juga sistem penggerak yang ingin dikonversi menjadi all-wheel drive.