Mirip, Suzuki Ertiga Bisa Dimodifikasi Jadi XL7?

Mirip, Suzuki Ertiga Bisa Dimodifikasi Jadi XL7? Foto: Kipli

KabarOto.com - Memiliki kemiripan bodi dengan Suzuki XL7, kemungkinan banyak pemilik Ertiga yang berpikir untuk melakukan modifikasi agar mobilnya tampak sama dengan mobil terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) itu. Namun, apakah bisa?

"Kalau menurut saya ya sah-sah saja, namun intinya modifikasi kan pasti ada risikonya, kalau nanti berkaitan dengan bagian-bagian yang menyangkut garansi seperti kelistrikan dan lain-lain kan jadi sayang (hangus) garansinya," ujar Donny Saputra selaku Head of Marketing 4W PT SIS di kawasan Bogor, Jawa Barat, (11/2).

Poin selanjutnya yang ingin dikatan Donny, sapaan akrabnya, adalah sebenarnya XL7 merupakan mobil baru yang berbeda dengan Ertiga, karena terdiri dari kurang lebih 300 parts XL7 yang sangat berbeda dengan Ertiga.

Baca Juga: Ecstar Gunakan Molybdenum Untuk Lindungi Mesin Suzuki

"Contohnya Body Control Module dan ECU (XL7) ini sangat berbeda dengan Ertiga, jadi yang berbeda tidak hanya terlihat di kaki-kakinya saja," imbuhnya.

Mesin berkode K15B milik XL7 pun diakui ada beberapa perubahan, "Suzuki sempat juga mengetes konsumsi BBM XL7 dapat angkanya sekitar 15,78 kpl untuk transmisi otomatis, berbeda tipis saja dengan Ertiga 16,43 kpl," ujar pria berkacamata itu.

Meski rasio transmisi tetap sama, diyakini pengaruh BBM Suzuki XL7 tak sama dengan Ertiga karena bobot, ukuran ban dan kaki-kaki.

"Output mesin hampir sama, namun driving feel memang beda antara Ertiga dan XL7, nanti teman-teman wartawan bisa tes sendiri dan rasakan bedanya," tutupnya.