POPULAR STORIES

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell, Truk Ramah Lingkungan Berteknologi Fuel Cell

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell, Truk Ramah Lingkungan Berteknologi Fuel Cell Sumber: Autoindustriya

KabarOto.com – Saat melihat truk di jalanan, mesin yang digunakannya pasti menggunakan mesin diesel untuk menjalankannya, mesin diesel digunakan pada truk merupakan mesin dengan torsi besar. Truk biasanya akan membawa muatan dengan beban berat.

Masalahnya, penggunaan mesin diesel berbahan bakar solar merupakan penyumbang emisi gas buang yang besar dan tidak ramah lingkungan. Namun di masa depan, produsen otomotif berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan dan mencari teknologi alternatif sebagai sumber energy untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Salah satu produsen kendaraan besar dari Jepang yaitu Mitsubishi Fuso dengan bangga meluncurkan truk masa depan yang tidak menggunakan mesin diesel, truk masa depan ini dinamai Mitsubishi Fuso Vision F-Cell dipamerkan selama ajang Tokyo Motor Show 2019 berlangsung.

Truk ini berteknologi fuel cell dapat memberikan kinerja dan keandalan yang lebih baik dari sebuah truk namun dengan 0% emisi gas buang, membuatnya sebagai truk ramah lingkungan.

Mesin yang digunakan tidak lagi menggunakan diesel, melainkan menggunakan sel bahan bakar (fuel cell) yang berfungsi sebagai generator supaya baterai tetap dalam kondisi terisi sehingga motor listrik dapat beroperasi. Teknologi ini mampu meningkatkan jarak tempuh yang lebih jauh sehingga sangat membantu dalam industri angkutan truk.

Baca juga: Dukung Peresmian Charging Station, Mitsubishi Kerahkan Dua Unit Outlander PHEV

Saat baterai terisi penuh, Mitsubishi Fuso mengklaim bahwa truk ini memiliki jarak tempuh dari 270 km hingga 300 km sebelum akhirnya diisi ulang.

Sebagai truk yang ramah lingkungan, Mitsubishi Fuso Vision F-Cell menggunakan sebuah motor listrik yang menyediakan tenaga 135 kW atau sekitar 183 dk.

Vision F-Cell merupakan truk konsep elektrik yang menggunakan energi fuel-cell sebagai salah satu opsi memperluas jajaran kendaraan elektrik. Fuso merupakan pemimpin truk elektrik yang pertama kali meluncurkan truk elektrik serta diproduksi massal dalam skala kecil di tahun 2017, yaitu eCanter.

Sejak saat itu, lebih dari 140 eCanter telah dikirimkan kepada konsumen di Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Kehadiran F-Cell, konsep model yang dapat dikendarai sepenuhnya, Mitsubishi Fuso mengeksplorasi teknologi fuel-cell untuk digunakan pada kendaraan angkut Mitsubishi Fuso.

Sayangnya, spesifikasi lengkap mengenai tenaga motor listriknya tidak diinformasikan lebih lanjut termasuk angka torsi yang dihasilkan. Namun, banyak yang berharap motor listrik ini memiliki tenaga yang lebih besar sehingga memiliki kapabilitas lebih baik dan efisien karena sifat dari tenaga listrik.

Melalui ajang Tokyo Motor show 2019, Mitsubishi Fuso tidak hanya mengandalkan tenaga hidrogen-listrik untuk masa depan mereka, namun juga merilis e-Canter pada tahun 2017 sebagai truk bertenaga listrik yang siap hadir meski masih dalam jumlah yang terbatas.

Baca juga: Mitsubishi Sebut Kendaraan Listrik PHEV Paling Cocok Digunakan di Indonesia

Dijuluki sebagai e-canter karena Mitsubishi Fuso dikabarkan akan memproduksinya secara massal tahun depan. Sejak diproduksi terbatas, lebih dari 140 eCanters telah dikirimkan ke pelanggan di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

Mitsubishi Fuso berharapmelalui Vision F-Cell diharapkan dapat mengeksplorasi manfaat teknologi fuel cell untuk digunakan pada kendaraan mereka di masa depan, sehingga teknologi lama akan mulai ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi terbarukan yang lebih efektif pada segmen truk dan kendaraan komersil. (Nora Dian Pratama)