POPULAR STORIES

Mitsubishi New Colt L300 Euro 4 Menantang Bisnis Masa Kini

Mitsubishi New Colt L300 Euro 4 Menantang Bisnis Masa Kini Foto: MMKSI

KabarOto.com – Mitsubishi Colt L300 sudah mengaspal di Indonesia sejak 1981, kini setelah 42 tahun mengikuti perkembangan zaman dengan menggendong teknologi emisi Euro4. Siap menantang bisnis masa kini, apalagi tidak ada pesaing serius untuk Colt L300 ini di pasar kendaraan komersial Indonesia.

Pada kehadiran pertama tahun 1981, Colt L300 menggendong mesin bensin dengan kode 4G33, yakni 4 silinder SOHC berkapasitas 1.400 cc. Mesin diesel mulai digunakan pada 1984, karena dianggap lebih bertenaga dan irit bahan bakar, yaitu 4G55 3 silinder SOHC berkapasitas 2.300 cc.

“Kita sudah membuktikan lebih dari 40 tahun bahwa produk kualitas Colt L300 sudah sangat bagus dan diterima masyarakat. Kita juga sudah punya hiqh quality dari pelayanan purna jual kendaraan light commercial vehicle dengan suku cadang yang tersedia dan mudah didapatkan,” ujar Naoya Nakamura, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Baca juga: Mesin Baru Lebih Irit Dan Bertenaga, Mitsubishi L300 Bisa Jadi Andalan Bisnis

Mesin baru dengan teknologi emisi Euro4

Saat ini, Colt L300 masih mengandalkan mesin diesel namun sudah menggendong teknologi emisi Euro4. Hal ini sesuai dengan regulasi Euro4 yang berlaku di Indonesia.

Untuk pasar Indonesia, MMKSI memasarkan Colt L300 dengan dua model, yakni Pikap Flat Deck yang dibanderol Rp 222.150.000,-, dan Cabin Chassis dipasarkan Rp 217.150.000,-.

Sudah 42 tahun, Colt L300 dikenal sebagai pikap legendaris di Indonesia yang telah dikenal dan menjadi andalan bisnis konsumen Indonesia untuk beberapa generasi.

Belum lama ini hadir dengan wajah baru yang lebih segar. Mitsubishi New Colt L300 diluncurkan PT MMKSI pada 28 Juni 2022, ini adalah generasi terbaru dari model yang mereka sebut sebagai “super pikap” legendaris di Indonesia. Mitsubishi Colt L300 Euro4 mendapatkan sambutan positif.

Ukuran karga yang besar, sanggup membawa barang lebih banyak

“Saya memilih Colt L300 karena tenaganya makin oke sudah dengan turbo. Saya mengetahui Colt L300 baru Euro4 dari teman dan iklan-iklan di media sosial mulai sekitar 1 bulan lalu. Saat ini baru memiliki 1 unit. Sejauh ini kesan pertama yang dirasakan mesinnya lebih bertenaga,” ungkap Mardenggan Bagariang selaku pengusaha di Pekanbaru, Riau.

Ia juga menambahkan, terkesan dengan muatannya karena sekarang lebih banyak berkat bak belakang lebih panjang ketimbang sebelumnya. Selain itu kinerja suspensi bikin nyaman berkendara, apalagi jika ada muatannya, tetap stabil saat melaju di jalan off-road dan aspal.

Itulah yang menjadi alasan Colt L300 terus mendominasi pasar dan memiliki pesan positif yang sangat kuat di mata masyarakat. Mobil niaga ringan ini kerap menjadi mobil yang fungsional, dimanfaatkan oleh konsumen untuk melakukan usaha atau bisnis.

Mardenggan Bagariang juga menegaskan, bahwa sejauh ini tidak ada kesulitan suku cadang, perihal bahan bakar juga tidak terlalu sulit di dapat. Wilayah Pekanbaru untuk bahan bakar jenis Dexlite dari Pertamina juga tidak terlalu sulit, apabila terpaksa bisa menggunakan bahan bakar jenis Solar, yang penting perawatan saat ganti oli dan filter-nya tidak lupa.

Baca juga: Ini Sejarah Mitsubishi Colt L300 Yang Sempat Jadi Armada Pos Indonesia

Kabin yang luas dan lega

Model baru Colt L300 hadir dengan ukuran kargo 8% lebih luas, atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm. Fitur unggulan dan kenyamanan pada sisi interior terdapat pada kabin yang luas dan lega, desain spidometer baru, dan juga pegangan pintu baru.

Pada sisi eksterior New Colt L300 mendapatkan penyegaran tampilan dengan desain bumper dan gril dengan porsi balutan krom lebih banyak.

Kemudian jantung pacunya mengandalkan mesin diesel generasi baru yakni 4N14, 4 silinder DOHC, intercooler, turbocharger, berkapasitas 2.268 cc. Sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 98,1 dk di putaran 3.500 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm. Tenaga mesin dan torsinya 40% lebih besar dari model sebelumnya, kemudian dilengkapi transmisi manual dan berpenggerak roda belakang.