Mitsubishi Outlander PHEV Dapat 5 ASEAN NCAP

Mitsubishi Outlander PHEV Dapat 5 ASEAN NCAP

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang baru-baru ini menghadirkan Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) pada ajang GIIAS 2019, memang pantas menjadi sorotan menarik masa depan dunia otomotif Indonesia.

Mitsubishi Outlander PHEV akan jadi jawaban untuk meminimalisir polusi udara di Negeri Tercinta. Menariknya, Indonesia merupakan negara ASEAN pertama yang berkesempatan untuk merasakan mobil bertenaga listrik tersebut loh!

Pada peluncurannya, niatan Mitsubishi yang ingin mengedukasi masyarakat Indonesia tentang mobil listrik juga patut diapresiasi "Saat ini yang terpenting untuk kami, bagaimana masyarakat itu tahu keunggulan PHEV, setelah tahu, mereka akan suka, setelah suka langsung pakai," ujar Osamu Masuko, Chairman Mitsubishi Motors Corporation.

Baca Juga : Gandeng Rifat Sungkar, Mitsubishi Indonesia Resmikan Tim Balap Reli Di GIIAS 2019

Kehadiran Outlander PHEV juga bukan semata-mata menjual mobil dengan tenaga listrik saja loh, tetapi kualitas fitur keselamatan dari mobil ini sudah teruji juga pada ASEAN NCAP, yang diganjar nilai bintang 5. Pengetesan dilakukan di JARI, Tsukuba, Jepang. Ada beberapa uji coba tabrak seperti dari bagian depan 50 persen, sisi samping, dan juga ada pengetesan blind spot dari sisi belakang.

Untuk pengujian dari depan, Outlander PHEV melindungi seluruh sisi penumpang dengan 7 buah airbag-nya yang berfungsi baik. Lalu saat pengetesan tabrak 50 persen, airbag yang terbuka hanya untuk penumpang sisi depannya saja.

Baca Juga : Bos Mitsubishi Ungkap Alasan Kuat Outlander PHEV Rilis Di Indonesia

Pengujian tabrak sisi samping juga dilewati Outlander dengan mulus, airbag sisi penumpang berhasil terbuka sempurna, sehingga pecahan kaca dari jendela tidak turut memcederai penumpang. Selain itu ada juga pengujian blind spot mengemudi saat berkendara untuk pengendara lain dari sisi samping, hasilnya cukup memuaskan, dimana pengendara lain masih cukup terlihat jelas pada spion samping.

Sebagai penilaian, total poin yang dikumpulkan oleh mobil ini adalah untuk penumpang dewasa hasilnya 45.45, lalu penumpang anak-anak 21.33, safety assist 19.44, dan penilaian lainnya sehingga total nilainya adalah 87.61 yang membuat mendapat nilainya bintang 5.

Hal ini juga turut mendapar bantuan dari berbagai fitur keselamatan melimpah, seperti ABS, EBD, 7 buah airbag, blind spot warning, adaptive cruise control, kamera 360 derajat, foreard collition mitigation system, dan masih banyak lagi.

Mitsubishi Outlander PHEV akan dipasangkan dengan mesin bensin 4 silinder MIVEC DOHC berkapasitas 2.400 cc, berpadu dengan mesin listrik. Motor listriknya sendiri memiliki tenaga sebesar 60 kW di roda depan dan 70 kW pada roda belakang. Untuk mesin konvensionalnya, Outlander PHEV mampu menghasilkan tenaga sebesar 132,8 dk dengan torsi 211 Nm. Oh iya, mobil ini juga memiliki penggerak 4 roda sehingga pajaknya bisa jadi cukup mahal nih sob.

Asiknya lagi mesin ini juga memeIliki tingkat emisi CO2 yang lebih rendah. Yaitu 40 g/km (NEDC Correlated) atau 46 g/km (WLTP). Dan juga soal hemat BBM terbilang sangat baik dengan 1,8 l/100 km (NEDC Correlated) atau 2 l/100 km (WLTP), dan kisaran nol-emisi 54 km (NEDC Berkorelasi)/45 km (WLTP)

Nantinya, Outlander PHEV hanya dijual di 12 outlet diler Mitsubishi Jabodetabek dan 2 diler Bali saja. Tidak varian apapun dan hanya tersedia dalam 1 varian saja dengan pilihan warna terbatas yakni 2 warna hitam dan putih. Soal harganya, kemungkinan harga Mitsubishi new Outlander PHEV akan dijual berkisar antara Rp 1,2 miliar hingga Rp 1,3 miliar.

Bagaimana menurut kalian mobil yang juga menjadi kendaraan hybrid plug-in terlaris di Eropa, keren kan??