POPULAR STORIES

Pabrik Mitsubishi Xpander Dan Pajero Sport Ramah Lingkungan

Pabrik Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Ramah Lingkungan Seorang pekerja sedang melakukan pengecekan dalam pabrik perakitan Mitsubishi (KabarOto)

KabarOto.com - Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, menjadi lokasi perakitan Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport di Tanah Air.

Pabrik ini mengusung "New Plant Concept" dengan dua point utama, produk berkualitas dan dapat diandalkan serta pabrik yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Minimalisir Inden, Produksi Mitsubishi Xpander Akan Ditingkatkan hingga 10.000 Unit

Berdiri di atas lahan seluas 51 hektar, dan dibangun sejak tahun 2014 lalu. Pabrik ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 25 April 2017. Dengan total investasi sebesar Rp 7,5 Triliun (sekitar 65 Milyar Yen).

"Sekitar 3.000 karyawan dipekerjakan pada pabrik MMKI ini, dari jumlah tersebut sekitar 5% nya adalah pekerja wanita yang banyak berada di QC line (pengecekan produksi), dan nantinya akan bertambah hingga 10% pekerja wanita," ungkap Takao Kato, President Director MMKI.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 160.000 unit per tahun, termasuk Xpander sebesar 80.000 unit.

kabarOto
Tatami Conveyor adalah struktur tanpa lubang yang memudahkan untuk memperluas dan mengganti layout

Lalu mengapa bisa ramah lingkungan? MMKI membuktikan dengan melakukan upaya penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah, dan menggunakan air hujan dalam proses produksinya dengan proporsi daur ulang hingga 70%.

Hal lain yang dilakukan untuk mencapai tujuan pabrik ramah lingkungan dilakukan dengan mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan, dengan mengurangi proses oven dan innovate Heat Pump Hot Water System, tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, dalam taraf operasional dan konsep bangunan MMKI menganut "Omotenashi" ruang dengan kebijakan ramah lingkungan memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi emisi hingga 11%.