Mobil Anda Body Roll, Cek Komponen Ini

Mobil Anda Body Roll, Cek Komponen Ini Kaki-kaki mobil yang rigid membuat jauh dari body roll alias limbung.(kabaroto/dimas)

KabarOto.com - Pernah merasakan mobil "buang" ke kiri atau kanan? Jika ya, itu berarti kendaraan Anda dalam kondisi limbung alias body roll. Banyak faktor penyebabnya, tapi setidaknya wajib tau beberapa hal tentang masalah tersebut.

Dimas Jawa, Kepala Mekanik JHL Custom kepada KabarOto, Jumat (12/1/2018) menjelaskan, kaki-kaki mobil menjadi faktor utama. Bisa saja disebabkan ukuran tidak pas atau bushing arm sudah aus.

"Banyak faktor ya, tapi yang jelas masalahnya ada di kaki-kaki. Kaki-kaki itu harus rigit agar mobil nyaman dipakai dalam kecepatan tinggi," kata Dimas Jawa.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Baru Supaya Tahan Lama

Bushing arm biasanya terdapat di beberapa titik, seperti di stabilizer dan swing. Komponen ini mengikat ke sasis mobil dan penyeimbang suspensi kiri dan kanan sehingga mobil tak limbung.

Lalu apakah bodi tinggi bisa menyebabkan mobil limbung? Dimas mengatakan, "Belum tentu. Bodi tinggi kalau kaki-kaki tidak rigit, mobil pasti limbung. Tapi kalau rigid, tak ada masalah."

Dimas lalu memberi contoh mobil hardtop. "Bodi hardtop kan tinggi, namun kaki-kakinya rigid serta bushing armnya masih bagus, jadi tak ada masalah," kata dia.

Soal bodi tinggi namun suspensinya lembek, Dimas mengatakan, "Itu tidak akan membuat mobil limbung. Hanya saja, mobil yang suspensinya lembek tak nyaman dipakai. Kita serasa diayun-ayun ."

Dimas lalu menyarankan menguji mobil limbung atau tidak dengan metode pacu kecepatan mobil di jalan lurus. Lebih baik lagi, ada yang mengikuti dari belakang untuk melihat kondisi mobil.

"Coba bawa mobil melaju di jalan lurus dengan kecepatan 60-80 Km/jam, lalu lakukan zigzag, akan terasa atau terlihat mobil limbung apa tidak," kata Dimas.

Berita Terkait

Berita Terkait