Tips Merawat Mobil Baru Supaya Tahan Lama

Tips Merawat Mobil Baru Supaya Tahan Lama Tips merawat mobil baru. (istimewa)

KabarOto.com - Salah satu kelebihan yang dimiliki mobil baru yaitu membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil bekas.

Namun, bukan berarti mobil baru tidak membutuhkan perawatan rutin. Jangan sampai, mobil baru Anda harus menjalani perbaikan besar di usia dua sampai tiga tahun.

Berikut ini, KabarOto.com mencoba memberikan tips agar mobil baru Anda lebih terjaga dan tahan lama.

1. Periksa Oli Mesin

Anda harus melakukan hal ini minimal tiga bulan sekali agar kondisi kendaraan Anda tetap terjaga. Jika kendaraan sering dipakai untuk bepergian jauh, pergantian oli bisa lebih sering dilakukan.

Jika kita menemukan kebocoran pada oli, cepat temukan penyebabnya dan segera lakukan perbaikan.

2. Periksa Tekanan Udara Ban

Sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh, gunakan pengukur yang akurat untuk memeriksa tekanan angin pada ban. Lakukan hal ini dalam keadaan ban dingin atau sebel gelembung yang ada ban. Lakukan hal ini ketika ban dalam keadaan dingin atau belum dipakai untuk bepergian.

3. Cuci Mobil

Usahakan untuk mencuci mobil minimal seminggu sekali. Jika mobil terkena lumpur, Anda harus segera mencucinya. Itu karena noda debu dan lumpur dapat menyebabkan mobil mengalami korosi (karat) dan membuat mobil keropos.

4. Ganti Oli Mesin dan Filter Setiap 6 Bulan atau 7.500 Km

Pergantian oli mesin dan filter dalam 6 bulan atau 7.500 km ini dilakukan dalam keadaan kendaraan normal. Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh atau jarang memanaskan mobil sebelum digunakan, disarankan untuk mengganti oli dan filter setiap tiga bulan sekali atau ketika mobil mencapai jarak 3.000 kilometer.

Baca Juga:

5. Bersihkan Radiator dan Periksa Baterai

Cegah overheat dengan membersihkan bagian dalam radiator dengan sikat yang lembut. Kemudian, cuci bagian luar radiator dengan detergen. Selain itu, periksa terminal dan kabel baterai mobil untuk menghindari kerusakan dan kabel yang terbuka.

6. Perhatikan Keadaan Rem

Untuk sebagian orang, lebih mudah untuk pergi ke bengkel dan membiarkan rem diperiksa oleh mekanik. Tetapi jika ingin melakukan pemeriksaan di rumah, jangan lupa untuk lepaskan roda dan periksa bagian rem. Ganti bantalan rem yang sudah menipis. Rem seharusnya diperiksa dua kali setahun.

7. Lakukan Pemeriksaan Berkala Selama 2 – 4 tahun untuk Beberapa Fitur Ini

Selain pemeriksaan per bulan, ada pula komponen mobil yang sudah harus diganti jika sudah memasuki jangka waktu tertentu. Perhatikan usia pakai cooling system, drive belt, timing belt, dan cairan automatic-transmission. Jangan sampai menggunakan komponen maupun bagian yang sudah melewati jangka waktu jika tidak mau terjadi kerusakan tiba-tiba.