POPULAR STORIES

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet Foto: www.google.com

KabarOto.com - AC merupakan salah satu fitur penting pada sebuah mobil. Fungsi utama AC untuk menyejukkan Kabin. Fungsi lain AC untuk menjaga kaca mobil tidak berembun saat hujan.

AC yang kurang dingin bisa membuat kaca mobil berembun. Ini sangat berbahaya karena akan menggangu pengemudi saat mengendarai mobil diwaktu hujan.

Pesona Mobil memberikan beberapa cara merawat AC mobil Agar tetap awet:

1. Menjaga kebersihan kabin mobil

Kabin yang jarang dibersihkan akan membuat debu atau kotoran lainnya menempel pada permukaan AC. Sehingga AC tidak akan berfungsi dengan normal, seperti misalnya udara yang dihasilkan kurang dingin.

2. Nyalakan AC minimal sekali dalam seminggu

Hal ini dilakukan untuk mengatur tekanan udara agar kompresor bisa bekerja dengan baik. Saat melakukan ini pastikan pada suhu terendah atau tersejuk dengan fan yang tertinggi.

3. Parkir kendaraan ditempat teduh

Parkir kendaraan ditempat teduh atau terlindung dari sinar matahari langsung, seperti dibawah pohon atau di basement. Ini untuk menjaga kabin mobil tidak terlalu panas, karena jika terlalu panas beban kerja AC akan berat saat pertama kali dinyalakan.

Baca Juga:

4. Bersihkan Kondensor saat mencuci mobil

Saat mencuci mobil pastikan kondensor dibersihkan. Karena debu, kotoran yang menempel pada dapat mengikis kondensor dan ac akan menjadi bocor. Anda bisa semprotkan air ke kondensor yang posisinya berada di grill bagian depan. Kondensor yang bersih akan membuat AC mobil menjadi cepat dingin.

5. Matikan AC sejenak saat melakukan perjalanan jauh

Matikan AC Mobil sejenak saat menempuh perjalanan jauh. Ini dilakukan untuk menghentikan kerja AC suntuk menghindari pembekuan pada saluran AC.

6. Selalu periksa putaran ekstra fan secara berkala

Jika AC pada mobilmu sudah menggunakan kipas kondensor atau extra fan, pastikan bahwa kita selalu memeriksa secara teratur atau berkala. Ini bertujuan agar AC selalu mengeluarkan udara yang sejuk dan bekerja secara normal.

7. Matikan AC sebelum matikan mesin mobil

Sebelum mesin mobil dimatikan, pastikan terlebih dahulu AC mobil mati. Jika tidak dimatikan, saat anda menyalakan kembali mesin mobil, maka ada hentakan besar pada kopling. Ini berpengaruh untuk ketahanan AC.

8. Periksa AC secara berkala

Service AC secara rutin maksimal enam bulan sekali. Cek AC dengan merasakan hembusan udara yang keluar pada blower masih terasa dingin atau tidak. Selain itu dengarkan suara keluarnya angin halus atau tidak. Jika sudah terasa ada hal yang berbeda, maka anda harus segera membawa ke bengkel AC terdekat.