POPULAR STORIES

Kuning Jadi Warna Favorit Untuk Mobil Bekas

Kuning Jadi Warna Favorit untuk Mobil Bekas Data penjualan warna mobil di iSeeCars. (Carscoops)

KabarOto.com - Setiap orang memilih warna mobil sesuai dengan selera masing-masing. Namun jika ingin menjual kembali mobil, ada spesifikasi tertentu terkait warna yang patut menjadi bahan pertimbangan.

Penelitian yang dilakukan oleh situs layanan pencarian mobil, iSeeCars, menemukan bahwa pemilihan warna ternyata berdampak besar pada nilai jual mobil bekas. Mereka membuat penelitian tersebut dengan menganalisis lebih dari 2,1 juta mobil bekas.

Sebagai contoh, dalam tiga tahun pertama, nilai jual mobil menurun (terdepresiasi) rata-rata hingga 33,1 persen. Warna emas menjadi yang paling buruk pada mobil bekas. Harga jual mobil berwarna emas akan menurun hingga 37,1 persen.

Baca Juga:

Adapun, warna kuning menjadi yang paling bagus untuk mobil bekas. Pasalnya, harga mobil berwarna ini hanya akan menurun 27 persen jika dijual kembali.

"Mobil kuning relatif kurang umum. Mobil ini bisa mendorong permintaan dan membantu menjaga nilai kendaraan," kata Phong Ly, CEO iSeeCars, seperti dilansir dari Carscoops, Senin (6/11/2017).

"Kendaraan berwarna kuning memiliki penyusutan terendah dalam nilai jual kendaraan seperti jenis mobil bertipe sedan, SUV, dan truk pikup," dia menambahkan.

Selain kuning, warna oranye dan hijau juga bagus untuk mobil yang ingin dijual kembali. Harga mobil ketiga warna ini hanya akan berkurang 1,2 persen ketika dijual kembali setelah tiga tahun.

Namun, bukan berarti mobil dengan depresiasi rendah dapat laku dengan cepat di pasar mobil bekas. Mobil umumnya membutuhkan waktu 36,5 hari untuk laku di pasaran.

Mobil dengan warna kuning sendiri membutuhkan waktu lebih lama sekitar 41,5 hari untuk laku di pasar mobil bekas. Sementara warna oranye membutuhkan 38,1 hari dan hijau 36,2 hari untuk laku di pasar mobil bekas.