Dengan Dana Terbatas, Pilih Mobil Murah atau Mobil Bekas?

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 30 Sep 2016 - 06:05
Dengan Dana Terbatas, Pilih Mobil Murah atau Mobil Bekas?
Ilustrasi Mobil. Kebanyakan orang yang memilih membeli mobil LCGC baru adalah mereka yang baru pertama kali membeli mobil. (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com- Jika Anda sedang bingung untuk membeli mobil dengan dana terbatas, misalkan Rp100 jutaan, mungkin ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut tips media online kabaroto memberi beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda mengambil keputusan. Berikut tips pilih mobil.

Pengalaman Tentang Mobil?
Kebanyakan orang yang memilih membeli mobil LCGC baru adalah mereka yang baru pertama kali membeli mobil. Hal ini dikarenakan dengan harga yang terjangkau, maka konsumen sudah mendapatkan mobil dalam kondisi baru, bergaransi dan menggunakan dari tangan pertama. Dengan demikian, maka konsumen bisa dibilang tidak perlu mengkhawatirkan untuk mengurus perbaikan setidaknya selama 3 tahun ke depan. Selain karena mobil masih dalam kondisi fresh, umumnya mobil baru berada dalam masa garansi dealer.

Berdasarkan kutipan dari asapmobil, namun kalau kamu punya pengalaman dalam merawat mobil sebelumnya dan merasa pergi ke bengkel bukanlah hal yang memberatkan, maka mobil bekas bisa jadi pilihan. Karena dengan pengalaman yang kamu punya, seharusnya kamu bisa memilih mobil bekas dalam kondisi yang cukup baik dan hanya butuh perbaikan minor.

Bermasalah dengan Model atau Gengsi?
Mobil LCGC mungkin memiliki pilihan yang tidak terlalu banyak. Sebut saja Datsun GO dan Go+, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Karimun Wagon R. Dan dari pilihan tersebut, biasanya orang cenderung untuk membandingkan model dibandingkan fitur yang dimiliki. Jika merasa Anda cocok dengan salah satu model mobil LCGC yang ada, ditambah kebanggaan memiliki mobil baru, maka memilih mobil LCGC adalah pilihan yang tepat.

Untuk yang merasa kurang cocok dengan model mobil LCGC yang ada di pasaran dan tidak bermasalah untuk menggunakan mobil berkondisi bekas, maka memilih mobil bekas bisa jadi pilihan yang lebih baik. Dengan harga yang sama, Anda dapat memilih mobil bekas dengan tahun produksi yang relatif muda. Tentu saja dengan model yang lebih anda sukai!

Fitur yang Dibutuhkan?
Bukan rahasia jika mobil murah memiliki fitur cukup minimalis. Tak sedikit fitur yang umumnya ada pada mobil, namun tidak terdapat pada varian mobil LCGC. Misalkan saja power steering, power window, electric mirror, airbag, ABS, EBD dan banyak lainnya.

Memang di beberapa varian mobil LCGC, ada fitur-fitur yang mungkin anda butuhkan dan dapat dipilih. Semakin banyak fitur yang dimiliki, tentu akan semakin mahal pula harga mobil murah itu. Dan di harga yang sama, kemungkinan besar Anda dapat memilih mobil bekas dengan fitur yang lebih komplit pula. Sehingga anda harus dapat menentukan prioritas fitur mobil yang anda inginkan.

Beli Mobil Cash atau Kredit?
Terakhir tentu dengan memperhatikan apakah mobil yang Anda beli akan dibayar secara cash atau menggunakan pembiayaan secara kredit. Hal ini tentu sangat penting mengingat pembiayaan kredit mobil baru dan mobil bekas memiliki bunga yang relatif berbeda. Pembiayaan kredit mobil bekas cenderung memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan mobil baru.

Jadi, apabila Anda membeli mobil secara kredit, tentu disarankan untuk membeli mobil LCGC baru. Selain bunga yang lebih rendah, biasanya sales atau dealer akan memberikan diskon yang cukup menarik jika anda membeli mobil baru secara kredit.

Pilihan Mobil Bekas Seharga Mobil LCGC?
Dengan asumsi harga mobil LCGC sekitar 120 jutaan, maka anda memiliki beberapa pilihan city car menarik yang dapat dipertimbangkan. Diantaranya adalah Honda Brio (non-LCGC), Nissan March, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, KIA Picanto dan Mitsubishi Mirage. Semua pilihan tersebut tentu dengan tahun produksi yang relatif muda, sekitar tahun 2013 atau 2014.

Baca Juga:

Editor : soleh